Gubernur Sulbar Berkunjung ke Makam Todilaling, ABM: Perlu Pelebaran Jalan dan Pembuatan Lokasi Parkir

05 August 2020 08:30
Gubernur Sulbar Berkunjung ke Makam Todilaling, ABM: Perlu Pelebaran Jalan dan Pembuatan Lokasi Parkir
Gubernur Sulbar, Ali Baal Masdar saat kunjungan ke makam Raja Balanipa I Manyambungi ang dikenal dengan Todilaling di Desa Napo, Kecamatan Limboro, Kabupaten Polman. (Humas Pemprov Sulbar)
.

POLEWALI MANDAR, TRANS89.COM – Gubernur Sulawesi Barat (Sulbar), Ali Baal Masdar (ABM) mengunjungi makam Raja Balanipa Pertama I Manyambungi yang lebih dikenal dengan Todilaling, Sabtu (14/3/2020).

Kunjungan Gubernur ABM didampingi Kepala Dinas (Kadis) Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Sulbar, Arifuddin Toppo untuk melihat kondisi situs sejarah yang terletak di puncak gunung Desa Napo, Kecamatan Limboro, Kabupaten Polewali Mandar (Polman), Sulbar.

ABM mengatakan, perlunya pembersihan lokasi di sekitar makam yang dijangkau dengan mendaki ketinggian melalui 99 anak tangga.

“Selama ini, makam Todilaling menjadi obyek kunjungan ziarah masyarakat, termasuk dari luar daerah. Para siswa dari berbagai sekolah, juga mahasiswa dari berbagai Perguruan Tinggi (PT), menjadikan makam Todilaling sebagai obyek kunjungan study,” kata ABM.

Dalam kunjungannya, ABM beri petunjuk kepada para pejabat yang mendampinginya untuk pelebaran jalan menuju lokasi dan tempat parkir kendaraan pengunjung.

“Perlu pelebaran jalan dan pembuatan lokasi parkir,” ujar ABM melalui pres rilis Humas Pemprov Sulbar.

Sementara Kadis Dikbud Sulbar, Arifuddin Toppo menyampaikan, sedianya gubernur akan meninjau kondisi terakhir rencana pembangunan taman budaya dan museum di Buttu Ciping, Tinambung.

“Kita berencana membangun taman budaya dan museum,” paparnya.

Kepala Unit Pelaksan Teknis Daerah (UPTD) Taman Budaya, Andi Harun Rasyid Parenrengi menuturkan, untuk pembangunan sarana sarana tersebut, telah tersedia lahan sekitar 5 hektar (Ha).

“Rencana ke Buttu Ciping ditunda, karena kondisi cuaca, mudah-mudahan besok cuaca memungkinkan, karena pak gubernur rencana ke Buttu Ciping,” tutur Harun. (Adv)

Trans89.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya