Personil Polres Matra Ikuti Psikotes, AKBP Leo: Syarat Pinjam Pakai Senpi Organik Polri

12 March 2020 00:52
Personil Polres Matra Ikuti Psikotes, AKBP Leo: Syarat Pinjam Pakai Senpi Organik Polri
Puluhan personil Polres Matra mengikuti Mapping Pisikologi sebagai salah satu syarat mutlak dalam pinjam pakai senpi organik Polri di Aula Wirasatya Mapolres Matra, Jalan Soekarno, Salunggadue, Kabupaten Pasangkayu, Sulbar. (Humas Polres Matra)
.

PASANGKAYU, TRANS89.COM – Jajaran Polres Mamuju Utara (Matra) kembali mengikuti kegiatan rutin semester mapping psikologi bagi personil pengguna senjata api (senpi).

Kegiatan yang diikuti puluhan personil dilaksanakan Biro Sumber Daya Manusia (SDM) Polda Sulawesi Barat (Sulbar) berlangsung di aula Wirasatya Mapolres Matra, Jalan Soekarno, Salunggadue, Kabupaten Pasangkayu, Sulbar, Rabu (11/3/2020).

Mewakili Kabiro SDM Polda Sulbar, Paur Subbagpsipers Iptu Ganesha Bayua Putra mengungkapkan, Mapping Pisikologi kali ini diikuti puluhan personil Polres Matra yang terdiri dari perwira maupun bintara.

“Salah satu tujuan dilakukannya Pisikotes untuk personil pemegang Senpi di lembaga Kepolisian adalah sebagai salah bentuk antisipasi dan pencegahan penyalahgunaan senjata api yang diakibatkan terganggunya kemampuan pengendalianemosi,” ungkap Iptu Ganesha,

Untuk itu kata dia, puluhan anggota jajaran Polres Matra pemegang senpi mengikuti psikotes ini.

“Tes psikologi bagi anggota polisi pemegang senpi adalah merupakan syarat mutlak dan wajib untuk dilakukan setiap 6 bulan sekali,” kata Iptu Ganesha.

Menurutnya, otomatus tes psikologi ini sifatnya wajib bagi anggota pemegang senpi, di samping penilaian dari atasan yang bersangkutan, dalam tes ini, anggota dites dari segi kecerdasan dan kepribadiannya dalam pengendalian diri dan kestabilan emosi.

“Setelah tes psikologi ini, nantinya bagian SDM Polpda Sulbar akan langsung mengumumkan hasilnya, dan jika memang tidak memenuhi syarat, secara otomatis akan berimplikasi pada kemungkinan yang bersangkutan tidak diperbolehkan memegang senpi dan tentunya senpi akan ditarik,” tutur Iptu Ganesha.

Lanjut Iptu Ganesha berharap, pada pelaksanaan Mapping ini agar personil mengamati dan membaca soal dengan seksama.

“Hal itu agar pada saat menjawab tidak terburu-buru dan jawabannya tidak keliru,” tambahnya.

Ditempat berbeda, Kapolres Matra AKBP Leo H Siagian ucapkan terimakasih kepada personil Biro SDM Polda Sulbar yang telah datang ke Polres Matra melakukan Mapping Psikologi bagi calon pengguna senpi.

“Saya juga sangat berharap kepada personil agar dapat mengikutinya dengan baik sebagai salah satu syarat untuk pinjam pakai senpi organik Polri,” singkat AKBP Leo. (Ndi)

Trans89.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya