Bappeda Gelar Penyusunan RKPD Kabupaten Mamuju Tahun 2021

10 March 2020 00:09
Bappeda Gelar Penyusunan RKPD Kabupaten Mamuju Tahun 2021
Bappeda Mamuju laksanakan forum OPD Kabupaten Mamuju tahun 2020 dalam rangka penyusunan RKPD tahun 2021, berlangsung di aula kantor bupati, Jalan Soekarno Hatta, Kabupaten Mamuju, Sulbar. (Damone/Trans89.com)
.

MAMUJU, TRANS89.COM – Bappeda Mamuju laksanakan forum Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Mamuju tahun 2020 dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2021, berlangsung di aula kantor bupati, Jalan Soekarno Hatta, Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat (Sulbar), Senin (9/3/2020).

Sambutan Manejer PLN Unit Manakarra, Amiruddin berharap agar masyarakat yang jauh dari kota bisa menikmati listrik sampai ke pedalaman.

“Apa yang direncanakan PLN menadapat dukungan oleh semua kalangan, sehingga daerah terpencil mendapat aliran listrik. Permohonan listrik dari pemda dan dari pihak PLN menerima permohonan serta mengajukan ke pemerintah pusat,” ujar Amirudddin.

Kepala Bappeda Mamuju, Irwan Wahid mengatakan, kegiatan dalam rangka peningkatan pendapatan asli daerah (PAD) seperti pemutakhiran zona nilai tanah yang tujuannya untuk merasionalisasi nilai tanah.

“Hal itu berdasarkan lokasinya tanah termasuk peningkatan sumber daya manusia (SDM). Percepatan penyelesaian regulasi peraturan daerah (Perda) dan peraturan bupati (Perbup), serta penyusunan data base objek pajak,” kata Irwan.

Kepala Bidang (Kabid) Perencanaan dan Penelitian Bappeda Mamuju, Khatmah Ahmad menuturkan, tiap-tiap desa harus menyiapkan SDM dalam sektor pertaniannya.

“Termasuk sinkronisasi tema RKPD tahun 2021, baik tingkat pusat, provinsi maupun kabupaten dengan memantapkan potensi ekonomi lokal daerah Mamuju, kemandirian dan kesejahteraan masyarakat,” tutur Khatma.

Sementara Wakil Bupati (Wabup) Mamuju, Irwan SP Pababari menyampaikan, untuk penanganan listrik masuk desa, dari pihak pemerintah agar diikut sertakan karena dari 28 desa masih terisolir dan masih perlu dukungan listrik.

“Masalah pajak mengalami peningkatan di tahun 2020. untuk burung walet belum ada Perdanya dalam pembayaran pajak. Dalam hal pembangunan, perlu dilihat dari perkembangannya, seperti bidang pendidikan dan sektor pertanian, dimana pertanian adalah penghasilan terbesar Kabupaten Mamuju saat ini,” paparnya. (Damone/Nis)

Trans89.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya