Silaturahmi Akbar Ojol Se-Indonesia di Jakarta Dengan Tema ‘Salam Satu Aspal’

08 March 2020 10:38
Silaturahmi Akbar Ojol Se-Indonesia di Jakarta Dengan Tema ‘Salam Satu Aspal’
Silaturahmi akbar Ojol se-Indonesia dengan tema, 'salam satu aspal', berlangsung GOR Rawabadak Jalan Alur Laut, Rawabadak Selatan, Koja, Jakarta Utara. (Irvan Akmal/Trans89.com)
.

JAKARTA, TRANS89.COM – Silaturahmi akbar ojek online (Ojol) se-Indonesia dengan tema, ‘salam satu aspal’, dihadiri sekitar 1.000 orang Ojol dan selaku penanggungjawab kegiatan Ketua Umum (Ketum) Lintas Koordinasi Nusantara (LKN) Ojol Babe Saeful.

Kegiatan silaturahmi akbar tersebut berlangsung Gedung Olahraga (GOR) Rawabadak Jalan Alur Laut, Rawabadak Selatan, Koja, Jakarta Utara, Sabtu (7/3/2020).

Hadir di giat itu, Gubernur DKI Jakarta Anis Rasyid Baswedan, Walikota Jakarta Utara Sigit Wijatmoko, Wakil Walikota Jaarta Utara Ali Maulana Hakim, Wakapolda Metro Jaya Brigjen Pol Wahyu Hadiningrat, Kapolresta Jakarta Utara Kombes Budhi Herdi Susianto, mewakili Danlatamal III Kolonel Laut Muhadi, Dirlantas Polda Metro Jaya (PMJ) Kombes Sambodo, Kapolsek Koja Kompol Sri Hartati, Camat Koja Ade Himawan.

Sambutan tokoh masyarakat Jakarta Utara, Sabri Saiman ucapkan salam kepara hadirin dan dirinya menyatkan sudah untuk siap menandatangani pakta integritas dengan 6 poin menyangkut bagaimana 1 tahun yang lalu siapapun anda, apakah dari grab, apakah dari ojol, apakah dari opang, itu aspal adalah tempat kita mencari makan.

“Maka tergemalah salam satu aspal ini sebagai tagline, bukan untuk main-main, disitu kita harusnya bersatu menjaga keutuhan, agar rezeki yang kita peroleh mendapat ridha Allah SWT,” ucap Sabri.

Ia menjelaskan, Kapolda dan seluruh jajaran, bersyukur kita dapat menyaksikan bagaimana acara ini berlangsung, namanya organisasi yang belum terbentuk secara hukum kami dianjurkan bentuk badan hukum agar tidak dimanipulasi oleh kekuatan-kekuatan yang tidak bertanggungjawab.

“Hormatilah semua pemakai jalan, karena dari situlah awal kita untuk berkomunikasi. Atas nama pribadi, apabila ada kesalahan atau ucapan perbuatan saya, mohon maaf,” jelas Sabri

Wakapolda Metro Jaya, Brigjen Pol Wahyu Hadiningrat juga ucapkan salam ke para hadirin serta terimakasih bisa diundang mewakili Bapak Kapolda, tentunya ini merupakan satu momen yang sangat penting dan berbahagia, karena pada momen ini bisa menyampaikan beberapa kata sambutan juga beberapa pesan Kamtibmas.

“Saya menyampaikan selamat kepada seluruh Ojol dalam kegiatan anniversary online, semoga selalu di hati masyarakat. Tidak bisa dipungkiri, Ojol ini merupakan transportasi umum yang menjadi idola saat ini,” ucap Brigjen Pol Wahyu.

Menurut dia, ini bisa dilihat mungkin lebih praktis ekonomis, mudah, kemudian masyarakat juga percaya, sehingga populasinya juga cukup tinggi, namun demikian tidak cukup sampai disitu tentunya, ada beberapa hal yang terkait dengan itu, kami dari kepolisian menyadari bahwa rekan-rekan Ojol ini terkait dengan Kamtibmas itu bisa menjadi korban.

“Pertama korban kecelakaan, dua juga bisa menjadi korban kriminalitas. Namun demikian, ada juga sebaliknya oknum-oknum yang juga bisa melaksanakan kegiatan yang sifatnya melanggar lalu lintas. Contohnya, melanggar lalu lintas itu ada yang melawan arah, kemudian tidak mematuhi marka dan rambu-rambu, bahkan oknum-oknum juga ada yang melakukan tindak kejahatan,” tutur Brigjen Pol Wahyu.

Ia menjelaskan, kita bisa lihat beberapa berita ada yang menggunakan jaketnya (Ojol), kemudian melakukan kejahatan, bahkan ada juga yang mudah terprovokasi, disinilah kami ingin menyampaikan kepada seluruh rekan-rekan sekalian, apabila memang ada hal yang demikian, tolong arahkan itu kepada aparat yang berwenang, percayakan kepada kami untuk menyelesaikannya, sehingga rekan-rekan ini tidak mudah terprovokasi.

“akalu citranya semakin meningkat, otomatis kalau citranya meningkat terus, dari masyarakat juga semakin meningkat. Kalau terus di masyarakat meningkat, dari sisi ekonomipun kita akan meningkat juga. Tentunya saya juga ingin sampaikan harapan kepada rekan-rekan sekalian, supaya rekan-rekan Ojol ini bisa menjadi ikon road safety riding pelopor keselamatan di jalan,” jelas Brigjen Pol Wahyu.

Dirinya menyebutkan, setelah ada penandatanganan pakta integritas ini, jangan hanya kita menandatangani, tapi tidak melaksanakan setelah ditandatangani, kita implementasikan pada pelaksanaan tugas kita masing-masing, sehingga pada akhirnya Ojol ini dapat membantu dan berperan serta membantu pembangunan, membantu pemerintah dapat bersinergi baik dengan TNI/Polri, pemerintah daerah dan seluruh stakeholder yang ada.

“Ucapan terima kasih atas undangannya dan pesan kamtibmas yang singkat ini, mudah-mudahan dapat dilaksanakan, kedepan kita dapat bekerjasama dengan baik, kerjasama kita dengan Ojol ini sudah pasti banyak manfaatnya, karena Ojol ini tersebar di mana-mana,” sebut Brigjen Pol Wahyu.

Kemudian Gubernur DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan ucapkan salam ke para hadirin dan salam satu aspal, dirinya juga senang sekali karena kompak.

“Dalam mengisi kebutuhan masyarakat atau transportasi memang masih ada kendala peraturan, tapi kita semua melihat kenyataannya, teman-teman hadir menjadi solusi masalah transportasi bagi sebagian dari masyarakat kita,” ucap Gubernur Aneis.

Dirinya juga berterimakasih karena yang dikerjakan bukan hal yang sederhana, bekerja di waktu-waktu yang belum tentu orang lain melakukannya, karena itu kami sampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya.

“Organisasi ini kami berharap nantinya jadi kesempatan untuk saling tukar pengalaman, saling tukar pengetahuan. Seperti disampaikan Bapak Wakapolda tadi, teman-teman semua berada di paling depan menyaksikan begitu banyak kejadian, menyaksikan dari dekat apa yang di lapangan, di jalanan terjadi,” ujar Anies.

Dirinya menyampaikan percaya ketika teman-teman menjalankan itu dengan sebaik-baiknya, Insyaallah kehadiran Ojol menghadirkan suasana ketertiban dan kenyamanan bagi seluruh masyarakat daratan, teman-teman hadir membawa suasana aman yang aman, tertib dan ini semua berdampak ke banyak tempat,” papar Anies.

Ia menyadari persis, bahwa ketika di lapangan tentu tantangan yang tidak sedikit apa yang dikerjakan, sehingga tidak ringan tapi, dirinya percaya dengan motivasi yang tinggi, niat yang ikhlas untuk melayani hati yang ikhlas untuk menjadi penopang perekonomian di tiap rumah tangga.

“Insyaallah teman-teman semua bisa menjalankan dengan baik. Teman-teman berada di depan menjadi pilar-pilar untuk keluarga. Pekerjaan yang berat itu adalah pekerjaan yang penuh kehormatan, jangan pandang berat, tapi pandang sebagai kehormatan. Anda bekerja mengerjakan sesuatu yang halal, mengerjakan sesuatu dengan cara yang benar dan membawa manfaat bagi keluarga dan Insya Allah keluarga sejahtera,” demikian Anies.

Selanjutnya penandatangan pakta integritas Ojol se-Indonesia, bertaqwa Kepada Tuhan Yang Maha Esa. Menjadi pelopor keselamatan, ketertiban dan kelancaran berlalulintas. Memberikan Informasi kepada kepolisian dan aparatur pemerintah tentang gangguan keamanan di jalan raya. Memiliki rasa tanggungjawab terhadap keamanan berlalulintas. Menjaga keselamatan pengguna jasa dan membantu penanggulangan bencana alam. Tidak melibatkan diri dalam politik praktis.

LKN Ojol yang hadir, LKN DKI Jakarta, LKN Banten, LKN Lampung, LKN Kalimantan, LKN Bali, LKN Jawa Barat, LKN Jawa Tengah, LKN Jawa Timur, LKN Padang, LKN Papua, LKN Lombok, LKN Palembang. (Irvan/Nis)

Trans89.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya