Sambut HPSN 2020, KPA di Mamasa Gelar Baksos Bersama

22 February 2020 16:52
Sambut HPSN 2020, KPA di Mamasa Gelar Baksos Bersama
Dalam rangka memperingati HPSN tahun 2020, KPA di Kabupaten Mamasa menggelar Baksos membersihkan sampah dalam kota Kabupaten Mamasa, Sulbar. (Andis/Trans89.com)
.

MAMASA, TRANS89.COM – Dalam rangka memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) tahun 2020, sejumlah Kolompok Pecinta Alam (KPA) di Kabupaten Mamasa menggelar bakti sosial (Baksos) membersihkan sampah dalam kota Kabupaten Mamasa, Sulawesi Barat (Sulbar), Jumat (21/2/2020).

Tergabung beberapa KPA yakni, KPA MPB Sulbar, KPA Quarles, KPA Mambulilling, KPA Khatulistiwa, KPA Opa Mata Air, dan menggandeng kelompok Siswa Pencinta Alam (Sispala) salah satu sekolah di Mamasa.

Koordinator KPA MPB Sulbar, Andi Mustiar mengatakan, jika kegiatan Baksos ini merupakan bentuk kepedulian terhadap lingkungan sekitar.

“Saya kiri kalau berbicara kebersihan lingkungan, semua punya tanggungjawab, baik pemerintah, masyarakat maupun kelompok peduli lingkungan lainnya. Jadi kali ini kita melakukan Baksos membersihkan lingkungan perkotaan menyambut momen HPSN yang ditetapkan oleh pemerintah pusat pertanggal 21 Februari hari ini,” kata Mustiar.

Menurut dia, selain kegiatan bersih-bersih hari ini, terpenting ke depan merubah mindset warga Mamasa, bahwa kebersihan dan hidup sehat adalah kebutuhan serta kewajiban.

“Bagaimana ini bisa berkelanjutan dan menjadi ikon Mamasa bersih, sebagaimana Mamasa sebagai kota Pariwisata di Indonesia. Karena kebersihan adalah sebagian dari iman,” tutur Mustiar.

Sampah ini, tambahnya, memang menjadi masalah besar, sementara di Mamasa sendiri ada bank sampah yang sudah berjalan, tapi kurang maksimal.

“Sampah kalau kita proses bisa menjadi tas kresek dan lain-lain. Ini yang harus kita bangun. Saya berharap agar masyarakat membiasakan hidup bersih. Kita mulai dari diri kita dulu,” jelas Mutsiar.

Pantauan dilapangan, bersih-bersih di beberapa titik dalam kota Mamasa tampakmembersihkan sampah dan rumput serta ranting pohon sudah kering yang mengotori parit perkantoran. (Ndi)

Trans89.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya