KPU Pasangkayu Siapkan Ujian Tertulis Sistem CAT Bagi Calon PPS, Syahran: Dibagi 4 Zona

19 February 2020 07:19
KPU Pasangkayu Siapkan Ujian Tertulis Sistem CAT Bagi Calon PPS, Syahran: Dibagi 4 Zona
Komisioner KPU Pasangkayu pantau persiapan ujian tertulis sisten CAT di laboratorium sekolah mitra KPU. (Humas KPU Pasangkayu)
.

PASANGKAYU, TRANS89..COM – Setelah sukses melaksanakan ujian tes tertulis Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dengan metode Computer Assisted Test (CAT), KPU Kabupaten Pasangkayu kembali mempersiapkan sistem aplikasi untuk CAT bagi calon Panitia Pemungutan Suara (PPS).

Ketua KPU Pasangkayu, Syahran Ahmad mengatakan, pelaksanaan tes tertulis dengan metode CAT untuk PPS kali ini sangat dimungkinkan untuk dilaksanakan.

“Hal itu berdasarkan surat edaran (SE) KPU RI Nomor 112/HK.02-SD/KPU/01/II/2020 Tanggal 11 Februari 2020 tentang pembentukan PPS pada pemilihan kepala dearah (Pilkada) serentak Tahun 2020 pada poin 5,” kata Syahran di Kantor KPU, Jalan Soekarno, Salunggadue, Kabupate Pasangkayu, Sulawesi Barat (Sulbar), Selasa (18/2/2020).

Menurut dia, pelaksanaan CAT bagi PPS juga merujuk pada surat nomor 29/PP.04.02-SD/01/KPU/I/2020 perihal tes tertulis CAT calon anggota PPK dan PPS.

“Jadi hal ini bisa dilaksankan perekrutan PPK dan PPS dengan sistem CAT berdasarkan SE dan surat KPU dalam Pilkada serentak Tahun 2020 bagi KPU kabupaten/kota bagi yang telah siap,” tutur Syahran.

Ia menjelaskan, sistem aplikasi CAT-nya telah kami bangun dan progresnya sudah 100% rampung.

“Beberapa hari kedepan kami akan lakukan ujicoba bersama KPU Sulbar sambil mempersiapkan seluruh sarana yang akan digunakan, termasuk laboratorium komputer beberapa sekolah yang akan menjadi mitra kami dalam pelaksanaan ujian tertulis dengan metode CAT untuk calon PPS kali ini,” jelas Syahran.

Dirinya menyebutkan, pelaksanaan ujian tes tertulis dengan metode CAT kali ini dibagi ke dalam 4 titik yang masing-masing mewakili zona atau daerah pemilihan (Dapil) guna mendekatkan jangkauan pendaftar calon PPS.

“Jadi calon PPS tidak usah jauh-jauh ke Pasangkayu hanya untuk mengikuti ujian tes tertulis karena sudah dibagi 4 zona,” sebut Syahran.

Lanjut Syharan, untuk zona 1 bagi calon PPS dari wilayah Kecamatan Pasangkayu, Pedongga dan Tikke Raya dipusatkan di laboratorium komputer SMPN 1 Pasangkayu. Dan zona 2 wilayah Kecamatan Bambalamotu, Bambaira dan Sarjo dipusatkan di laboratorium komputer SMPN 1 Bambaira.

“Di zona 3 wilayah Kecamatan Sarudu, Dapurang dan Sarudu dipusatkan di laboratorium komputer SMAN 1 Sarudu, serta zona 4 wilayah Kecamatan Baras, Lariang dan Bulutaba dipusatkan di laboratorium komputer SMAN 1 Baras,” tambahnya. (Adv)

 

Trans89.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya