Pemkab Gayo Lues Gelar Musrenbang Tingkat Kecamatan Tahun Anggaran 2021

18 February 2020 09:46
Pemkab Gayo Lues Gelar Musrenbang Tingkat Kecamatan Tahun Anggaran 2021
Bupati Gayo Lues membuka Musrenbang rencana kerja Pemkab Gayo Lues Tahun 2021 tingkat kecamatan berlangsung di Kantor Camat Dabun Gelang, Jalan Badak Uning Gelung, Desa Badak, Kabupaten Gayo Lues, Aceh. (Bayu A/Trans89.com)
.

GAYO LUES, TRANS89.COM – Bupati Gayo Lues membuka musyawarah perencanaan pembangunan (Musrenbang) rencana kerja Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gayo Lues Tahun 2021 tingkat kecamatan berlangsung di Kantor Camat Dabun Gelang, Jalan Badak Uning Gelung, Desa Badak, Kabupaten Gayo Lues, Aceh, Senin (17/2/2020).

Musrenbang terbut mengangkat tema, ‘meningkatkan kualitas SDM dan membuka akses pasar dalam dan luar negeri yang diintegrasikan dengan sektor pariwisata menuju Gayo Lues yang Islami, mandiri dan sejahtera’, dihadiri sekitar 200 orang peserta.

Nampak hadir Bupati Gayo Lues Muhammad Amru, Wakil Bupati Gayo Lues Said Sani, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten (DPRK) Gayo Lues Ali Husin, para anggota DPRK Gayo Lues, Kajari Gayo Lues Gayo Boby, Sekda Gayo Lues Thalib, Kabag Ops Polres Gayo Lues Kompol Nasri, Danramil 03/BKJ diwakil oleh Batuudramil 03/BKJ Serma Nurdin, para Kepala Organisai Perangkat Daerah dan Camat se-Kabupaten Gayo Lues.

Sambutan Camat Dabun Gelang, Roni Ismunandar mengatakan, Kecamatan Dabun Gelang ini sebagai gambaran terdiri dari 11 kampung, dan memiliki potensi seperti lahan pertanian, pertenakan, industri rumahan dan daerah wisata, dimana tahun ini kita telah mengusulkan pembukaan jalan di Desa Kendawi.

“Di Tahun 2020 ini nantinya ada politik tingkat desa sebagai pemilihan pemuluh (Kepala Desa), diharapkan agar mensingkronkan RPJMD-nya untuk diusulkan kedepannya agar bisa terealisasikan, dan nantinya dapat dipertimbangkan ditahun berikutnya,” kata Roni.

Laporan panitia Kepala Bapedda Gayo Lues, Ibnu Hafidz ucapkan syukur Alhamdulilah, mari kita sama-sama memanjatkan puji syukur kepada allah SWT yang telah memberikan kesehatan bagi kita semua dan bisa hadir dalam kegiatan pembukaan Musrenbang tingkat kecamatan.

“Dalam tahun ke 4 usia RPJMD kita kali ini adalah meningkatkan kualitas SDM dan membuka akses pasar dalam dan luar negeri yang diintegrasikan dengan sektor pariwisata menuju Gayo Lues yang Islami, mandiri dan sejahtera,” ucap Ibnu.

Menurut dia, tujuan secara umum kegiatan musrenbang adalah mendorong kegiatan pemerintah di tingkat kecamatan dan membahas serta menyepakati hasil musrenbang tingkat kecamatan dan telah dilaksanakan musrenbang tingkat desa serta melakukan klasifikasi dan fungsi perangkat kecamatan yang ada di tingkat desa.

“Dalam hal ini, waktu yang dilaksanakan selama 7 hari dimulai dari tanggal 17 Februari dan berakhir tanggal 24 Februari 2020. Untuk sumber dana kegiatan musrenbang di anggaran tahun 2020,” tutur Ibnu.

Sambutan Bupati Gayo Lues, Muhammad Amru menymapikan, musrenbang kecamatan sangat penting dan strategis dalam rangka mencari masukan guna penyusunan perencanaan pembangunan tahun anggaran 2021 untuk mencapai visi, misi serta tujuan dan sasaran program yang ditetapkan dalam RPJMD .

“Proses musrenbang yang kita laksanakan merupakan rencana tahapan tahun 2021, bukan berarti semua usulan masyarakat tidak bisa kita tampung semua, hal itu karena keterbatasan anggaran yang ada, mungkin mana hal-hal yang paling diprioritaskan itu yang lebih penting,” papar Bupati Amru.

Ia menjelaskan, proses perencanaan merupakan rangkaian yang tidak bisa dipisahkan, oleh karena itu musrenbang merupakan rencana strategis yang perlu dilaksanakan, perlu kiranya penajaman program mana yang menjadi harus dikedepankan.

“Tema musrenbang tahun 2021 ini yaitu meningkatkan kualitas SDM dan membuka akses pasar dalam dan luar negeri yang diintegrasikan dengan sektor pariwisata menuju Gayo Lues yang Islami, mandiri dan sejahtera. Selama Kabinet baru Bapak Presiden RI, banyak peraturan baru yang harus kita laksanakan. Untuk itu diharapkan jangan melanggar peraturan yang telah dibuat,” jelas Amru.

Dirinya menyebutkan, Kabupaten Gayo Lues merupakan daerah termiskin di Provinsi Aceh, namun dirinya tidak mempermasalahakan hal tersebut, akan tetapi kita harus mencatat berapa jumlah masyarakat kita yang kurang mampu, dan kedepan persentase tingkat kemiskinan di Kabupaten Gayo Lues bisa berkurang.

“Tidak lama lagi surat edaran yang akan kita keluarkan di bulan April akan dilaksanakan pemilihan secara serentak pemilihan kepala desa (pilkades) di 11 kecamatan. Saya berharap, untuk pilkades kita harus menjaga kesatuan dan jangan ada pepercahan masyarakat, harus terus kompak,” sebut Amru.

Lanjut Amru, saat ini sedang berlangsung tim sensus ekonomi ditengah-tengah masyarakat dan berharap dapat menyampaikan data yang sesungguhnya.

“Ada satu hal persoalan yang terjadi pada masyarakat, dikarenakan tidak jujur dalam mendata, sehingga memperburuk terhadap kita untuk membantu masyarakat. Diharapkan kepada perangkat desa agar membuat penyuluhan biar masyarakat mengetahui pentingnya kejujuran dalam mendata,” demikian Amru. (Bayu/Nis)

Trans89.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya