Pembukaan MTQ Ke VIII Tingkat Kota Tidore Kepulauan

17 February 2020 00:37
Pembukaan MTQ Ke VIII Tingkat Kota Tidore Kepulauan
Pembukaan MTQ ke VIII tingkat Kota Tidore Kepulauan Tahun 2020, berlangsung di area pantai Tugulufa di Samping Masjid Miftahul Jannah kompleks pasar Sarimalaha, Keluarahan Indonesiana, Kecamatan Tidore Kota, Kota Tidore Kepulauan, Malut. (Aripin/Trans89.com)
.

TIDORE KEPULAUAN, TRANS89.COM – Pembukaan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke VIII tingkat Kota Tidore Kepulauan Tahun 2020 dihadiri sekitar 300 orang tamu undangan, berlangsung di area pantai Tugulufa di Samping Masjid Miftahul Jannah kompleks pasar Sarimalaha, Keluarahan Indonesiana, Kecamatan Tidore Kota, Kota Tidore Kepulauan, Maluku Utara (Malut), Sabtu (15/2/2020) malam.

Acara diawli dengan defile kafilah dari 8 kecamatan Kota Tidore Kepulauan (Tikep), kemudian menyanyikan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya, pembacaan Ayat Suci Al’Quran oleh Korih Arsaď Salasa.

Sambutan Walikota Tikep disampaikan Sekertaris Daerah Kota Tikep, Asrulsani Soleman sekaligus membuka dengan resmi kegiatan MTQ ke VIII tingkat Kota Tikep yang ditandai dengan pemukulan tifa.

“MTQ sebagai salah satu bagian dari upaya peningkatan pembinaan sumber daya manusia (SDM) yang telah menjadi agenda tetap pemerintah. Manfaat pelaksanaan MTQ dapat dipahami dari sisi kegiatan syiar keagamaan yang mampu memaknai lebih komprehensif akan nilai-nilai manfaat dan kemaslahatan yang menyertainya,” kata Asrulsani.

Menurut dia, pemahaman dan kesadaran inilah yang perlu dibangun dalam nurani dan pikiran setiap masyarakat, sehingga kegiatan MTQ tidak hanya disikapi sebagai kegiatan rutinitas seremonial semata, tetapi mampu menjadi momentum strategis mewarnai pembangunan dan perilaku kehidupan masyarakt dalam kehidupan sehari-hari dengan nilai-nilai Qur’ani.

“Kami yakin di masa kepemimpinan kami bersama Wakil Walikota, Muhammad Senin yang didukung oleh seluruh elemen masyarakat yang selalu solid dan bersatu, akan mampu menghantarkan Kota Tidore menjadi lebih maju dalam segala aspek pembangunan, termasuk diantaranya dalam hal pcmbinaan seni baca Al-Qur’an,” tutur Asrulsani.

Ia menjelaskan, dengan momentum MTQ ke VIII tingkat Kota Tidore Kepualuan ini, diharapkan dapat mempererat tali silahturahmi diantara peserta, juga akan menjadi sebuah ajang syiar oleh para peserta kepada masyarakat yang datang menyaksikan, hal ini didukung juga dengan lokasi MTQ berada di Kecamatan Tidore dan berada tepat di area Masjid Miftaful Jannah, kawasan Tugulufah, serta menjadi sebuah kegiatan keagamaan

“Yang akan berpengaruh secara ekonomi bagi para pedagang yang telah menempati kawasan kuliner yang telah beroperasi atau telah dibuka dalam satu pekan terakhir. Selain itu, selama berlangsungnya MTQ, tentunya juga akan membantu para pedagang lainnya dan warga masyarakat sekitar dari segi perekonomian dan menambah pendapatan asli daerah Kota Tidore,” jelas Asrulsani.

Dirinya menyampaikan, dalam kesempatan ini juga meminta doa dari semua yang hadir disini, agar semoga musibah serta bencana banjir yang menimpa beberapa daerah di Indonesia bisa dilewati dengan baik dan daerah tersebut mampu bangkit serta pulih kembali.

“Yakinlah doa dari semuanya bisa menjadi kekuatan bagi sesama kita yang mengalami cobaan tersebut, dan semoga kota tercinta ini (Tikep) juga selalu dilindungi oleh Allah SWT, Tuhan yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang,” papar Asrulsani. (Aripin/Nis)

Trans89.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya