OSN Tingkat SD Kecamatan Rio Pakava Donggala Berlangsung di SD PT LTT

17 February 2020 21:07
OSN Tingkat SD Kecamatan Rio Pakava Donggala Berlangsung di SD PT LTT
UPT Dinas Pendidikan Kecamatan Rio Pakava bersama MKKS adakan OSN di SD PT LTT di Desa Towiora, Kecamatan Rio Pakava, Kabupaten Donggala, Sulteng. (Muhammad Tahir Pilo/Trans89.com)
.

DONGGALA, TRANS89.COM – Unit Pelaksana Teknis (UPT) Dinas Pendidikan Kecamatan Rio Pakava, Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah (Sulteng) bersama Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) adakan Olimpiade Sains Nasional (OSN) di SD PT Lestari Tani Teladan (LTT).

PT LTT merupakan perusahaan perkebunan sawit anak usaha PT Astra Agro Lestari (AAL) Tbk Grup Area Celebes 1 (C1) di Desa Towiora, Kecamatan Rio Pakava, Kabupaten Donggala, Sulteng.

Dalam OSN tersebut mata pelajaran yang dilombakan yaitu mata pelajaran IPA dan Matematika, dimana para peserta berasal dari SD swasta dan negeri se-Kecamatan Rio Pakava berjumlah 39, yaitu 20 peserta lomba IPA dan 19 peserta lomba Matematika.

Ke-39 peserta tersebut bersaing memperebutkan juara 1-3 pada masing-masing mata pelajaran.

Melalui kegiatan ini, selain bertujuan untuk memotivasi anak untuk semangat menggapai cita-cita, juga membentuk karakter anak yang memiliki toleransi dan kejujuran.

Sebelum masuk keruangan yang telah disediakan, panitia melakukan breafing tentang teknis pelaksanaan lomba kepada seluruh peserta lomba di halaman sekolah.

Panitia juga menghimbau agar peserta mengerjakan soal dengan jujur, teliti, dan semangat.

“Kami berharap, anak-anak mengerjakan soal dengan semangat, teliti, dan harus jujur,” kata sekretaris paniti lomba, I Made Sukardana, Senin (17//2/2020).

Menurut dia, soal berjumlah 55 yang terdiri dari soal pilihan ganda, isian singkat, dan uraian dengan waktu pelaksanaan lomba 180 menit.

“Selesai mengerjakan soal, para peserta menunggu hasil yang diumumkan hari itu juga,” tutur I Made.

Ie menjelaskan, setelah menunggu beberapa saat, hasil pemenang lomba pun diumumkan.

“Adapun juara ke-1 lomba Matematika, dimenangkan oleh peserta lomba dari SD PT LTT, juara ke 2 SDN 7 Rio Pakava, Juara ke 3 SDN 8 Rio Pakava. Kemudian juara ke 1 lomba IPA dimenangkan oleh SDN 7 Rio Pakava, juara ke 2 SDN 8 Rio Pakava, juara ke-3 SDN 26 Rio Pakava,” jelas I Made.

Sementara Koordinator Wilayah Rio Pakava, I Wayan Gunung berikan ucapan selamat atas prestasi yang telah diraih para pemenang lomba.

“Para pemenang akan mewakili Kecamatan Rio Pakava ketingkat Kabupaten Donggala,” ucap I Wayan. (Pilo/Nis)

Trans89.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya