Kesbangpol Bandung Barat Gelar Sosialisasi Peningkatan Kapasitas Aparat Dalam Dalam Rangka Siskamswakarsa

14 February 2020 09:05
Kesbangpol Bandung Barat Gelar Sosialisasi Peningkatan Kapasitas Aparat Dalam Dalam Rangka Siskamswakarsa
Badan Kesbangpol Kabupaten Bandung Barat gelar sosialisasi peningkatan kapasitas aparat dalam rangka pelaksanaan siskamswakarsa, berlangsung di Aula Kantor Kecamatan Parongpong, Jalan Kolonel Masturi, Desa Cihanjuang Rahayu, Kecamatan Parongpong, Kabupaten Bandung Barat, Jabar. (Asep DS/Trans89.com)
.

BANDUNG BARAT, TRANS89.COM – Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Bandung Barat menggelar sosialisasi peningkatan kapasitas aparat dalam rangka pelaksanaan siskamswakarsa dengan tema, ‘kita tingkatkan pemeliharaan Kantramtibmas dan pencegahan tindak kriminal di wilayah Bandung Barat yang akur (aspiratif, kreatif, unggul dan religius).

Kegiatan Kesbanpol tersebut dihadiri sekitar 105 orang peserta, berlangsung di Aula Kantor Kecamatan Parongpong, Jalan Kolonel Masturi, Desa Cihanjuang Rahayu, Kecamatan Parongpong, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat (Jabar), Kamis (13/2/2020).

Laporan Ketua Panitia Pelaksana Kepala Seksi (Kasi) Wawasan Nasional (Wasnas) Kesbangpol Bandung Barat, Galih Kholista melaporkan pelaksanaan kegiatan sistem swakarsa dalam rangka pelaksanaan sistem kerja di daerah tahun 2020.

“Kami menyampaikan laporan dengan dasar Undang-Undang (UU) Nomor 10 tahun 2004 tentang pembentukan peraturan perundang-undangan lembaran negara Republik Indonesia (RI) tahun 2004 Nomor 53 tambahan, lembaran negara RI Nomor 4389, UU Nomor 12 tahun 2007 tentang pembentukan Kabupaten Bandung Barat di Provinsi Jabar,” ujar Galih.

Menut dia, Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 13 tahun 1986 tentang pedoman pengelolaan keuangan daerah, Permendagri Nomor 42 tahun 2017 tentang penyelenggaraan peningkatan kapasitas anggota Linmas, Permendagri nomor 42 tahun 2015 tentang pelaksanaan koordinasi penanganan konflik sosial, Permendagri Nomor 46 tahun 2019 perubahan atas Permendagri RI Nomor 2 tahun 2018 tentang kewaspadaan dini di daerah.

Selain itu, surat edaran (SE) Mendagri Nomor 100/SGP tanggal 30 Oktober 2020, tentang pedoman umum pembinaan kesatuan bangsa dan pembentukan susunan daerah dan rencana jangka menengah Kabupaten Bandung Barat tahun 2018-2023,” tutur Galih.

Sambutan Kepala Kesbangpol Bandung Barat, Jaja ucapkan puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena sampai saat ini situasi dan kondisi dalam keadaan aman dan kondusif.

“Hal ini tentunya tidak lepas dari seluruh komponen masyarakat yang bahu membahu dengan pemerintah dalam menjaga kesadaran masyarakat dalam berpartisipasi di bidang keamanan dan ketertiban.

Ia menjelaskan, hal ini tentu merupakan potensi pengamanan swakarsa yang perlu dilestarikan dan ditingkatkan guna menumbuhkembangkan sikap mental kepekaan dan daya tangkap setiap warga masyarakat..

“Salah satu model yang dapat memberikan distribusi komunikasi serta informasi secara eksternal bagi masyarakat dalam rangka menciptakan keamanan dan ketertiban masyarakat di setiap waktu, merupakan potensi pengamanan yang berasaskan gotong royong, kerjasama budaya paguyuban yang menjiwai dalam setiap kehidupan masyarakat Indonesia,” jelas Jaja.

Hadir di giat tersebut, Perwira Penghubung (Pabung) Kodim 0609 Cimahi Mayor Arm Aji Sudrajat, Kasatpol PP Bandung Barat Rini Sartika, Kanit Pengamanan Obyek Vital (Obvit) Sauan Shabara Polres Cimahi Ipda Dadang serta tamu undangan lainnya. (Asep/Nis)

Trans89.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya