Presidium Gerakan Jaga Indonesia Aksi di Kemenag Terkait Rencana Pemulangan Eks ISIS

08 February 2020 16:24
Presidium Gerakan Jaga Indonesia Aksi di Kemenag Terkait Rencana Pemulangan Eks ISIS
Aksi Presidium Gerakan Jaga Indonesia (PGJI), berlangsung depan Kantor Kemenag RI, Jalan Lapangan Banteng Barat, Pasar Baru, Sawah Besar, Jakarta Pusat. (Bagus Prasetyo/Trans89.com)
.

JAKARTA, TRANS89.COM – Unjuk rasa Presidium Gerakan Jaga Indonesia (PGJI) diikuti sekitar 25 orang peserta aksi dipimpin Abdi, berlangsung depan Kantor Kementerian Agama (Kemenag) RI, Jalan Lapangan Banteng Barat, Pasar Baru, Sawah Besar, Jakarta Pusat, Jumat (7/2/2020).

Massa ajsu membawa spanduk bertuliskan, pemulangan mantan kombatan ISIS ingin bubarkan Indonesia. Stop Menag menteror rakyat. Kembali ke visi dan misi Presiden. Awas Pak Jokowi di kelilingi banyak genderowo.

Orasi Ustad Wibowo mengatakan, Indonesia merupakan sasaran empuk bagi ISIS mengingat Muslim terbesar di Indonesia.

“Sikap Menag tidak terpuji jika memulangkan ISIS hanya dengan pertimbangan kemanusiaan. ISIS sangat tidak sesuai dengan dasar Negara Indonesia, mengingat paham yang mereka usul paham Khilafah,” kata Ustad Wibowo.

Selanjutnya audiensi dilantai 4 dengan perwakilan 4 orang dari perwakilan massa, yaitu Jarot, Ustadz Wibowo, Toba Siahaan dan Yopi Lintong. Massa aksi diterima Kepala Biro (Karo) HDI Kemenag, Suhaili.

Perwakilan massa aksi, Jarot mengatakan, paham Khilafah sangat tidak sesuai dengan dasar negara, eks ISIS apabila dipulangkan sudah sangat bertentangan dengan undang undang mengingat mereka bukan WNI lagi.

“Selama ini ulama ataupun ustad banyak yang menyampaikan paham radikal dan sangat berbahaya. Tujuan kita melawan Khilafah karena ISIS memainkan ideologi negara ini yang harusnya diwaspadai,” kata Jarot.

Tanggapan Karo HDI Kemenag, Suhaili menyampaikan, untuk pemulangan ISIS bukan kewenangan Kemenag, namun itu wewenang Kemenpolhukam.

“Aspirasi saudara-sau akan disampaikan ke Kemenag dan akan dibicarakan dengan Kementerian lain,” papar Suhaili. (Bagus/Nis)

Trans89.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya