Bupati Eltinus Resmikan Kantor Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan Mimika

03 February 2020 21:17
Bupati Eltinus Resmikan Kantor Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan Mimika
Bupati Mimika Eltinus Omaleng resmikan Kantor Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan Mimika di Jalan poros Mapurujaya Kilometer (Km) 7, Kelurahan Kamoro Jaya, Distrik Wania, Kabupaten Mimika, Papua. (Hanung/Trans89.com)
.

MIMIKA, TRANS89.COM – Bupati Mimika Eltinus Omaleng resmikan Kantor Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan Mimika dihadiri sekitar 400 orang tamu undangan di Jalan poros Mapurujaya Kilometer (Km) 7, Kelurahan Kamoro Jaya, Distrik Wania, Kabupaten Mimika, Papua, Senin (3/2/2020).

Kegiatan diawali dengan ibadah pemberkatan gedung dipimpin Pastor Gereja Katolik St Stevanus Sempan, Pastor Maxi.

Laporan Kepala Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan Mimika, Yohana Paliling mengatakan, gedung ini berdiri di atas tanah seluas 3,2 Hektar (Ha) dengan total luas bangunan 1.296 M2.

“Sebelumnya, gedung kantor ini tahun 1989 hingga 1998 adalah sebagai Balai Penyuluhan Pertanian. Tahun 1998 hingga 2000 sebagai Balai Informasi Penyuluh Pertanian sekaligus Kantor Dinas Pertanian sejak tahun 2003 sampai sekarang, dengan jumlah pegawai 125 dari kalangan ASN, PPL dan honorer,” kata Yohana.

Menurut dia, Kantor Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan melayani 296 Kelompok Tani di 18 Distrik dan telah terdaftar di Kementerian Pertanian (Kementan) RI.

“Adapun biaya pembangunan bersumber dari dana APBD Kabupaten Mimika dalam 3 tahap pembangunan, yaitu Tahun 2016 anggaran sebesar Rp3.308.370.000, Tahun 2017 anggaran sebesar Rp4.907.800.000, Tahun 2019 anggaran sebesar Rp12.523.439.000, dengan total anggaran sebesar Rp20.431.109.000,” tutur Yohana.

Ia menjelaskan, kKeluarga besar Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan serta keluarga besar petani di Kabupaten Mimika sangat berterimakasih kepada Bupati Mimika atas dukungan pembangunan pertanian di Mimika.

“Semoga dengan adanya gedung baru ini kami akan lebih baik dan profesional melayani dalam tugas kami dan Bapak Bupati berkenan meresmikan gedung baru kami,” jelas Yohana.

Sambutan Bupati Mimika, Eltinus Omaleng menyampaikan, dengan semangat pembangunan berkelanjutan berupa infrastruktur kantor di Kabupaten Mimika yang memadai sangat menentukan keberhasilan pelayanan kepada masyarakat.

“Kita membunyai tugas menjaga dan merawat, karena pembangunan menggunakan dana dari rakyat. Dengan diresmikannya gedung baru ini menjadikan penyemangat kepada pegawai dan petugas Dinas Tanaman Pangan Holtikultura dan Perkebunan dalam melaksanakan tugas sebagai pelayan masyarakat petani di Kabupaten Mimika,” papar Eltinus.

Selanjutnya peresmian kantor ditandai dengan penandatanganan prasasti dilanjutkan pemotongan pita dan peninjauan ruangan kantor oleh Bupati Mimika serta tamu undangan lainnya. (Hanung/Nis)

Trans89.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya