Komkar dan Maper Mamuju Tolak Segala Perampasan Hidup Rakyat Melalui RUU Omnibus Law

02 February 2020 22:38
Komkar dan Maper Mamuju Tolak Segala Perampasan Hidup Rakyat Melalui RUU Omnibus Law
Aksi Komunitas Mahasiswa untuk Kadaulatan Rakyat (Komkar) dan Mahasiswa Peduli Ekonomi Kerakyatan (Maper) di Simpang Lima Kali Kabupaten Mamuju, Sulbar. (Adhy Putra Siregar/Trans89.com)

MAMUJU, TRANS89.COM – Unjuk rasa Komunitas Mahasiswa untuk Kadaulatan Rakyat (Komkar) dan Mahasiswa Peduli Ekonomi Kerakyatan (Maper) di Simpang Lima Kali Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat (Sulbar), Minggu (2/2/2020).

Demo tersebut diwarnai aksi dengan membawa sejumlah spanduk berisikan pesan dan aspirasi, Komkar-Maper tolak segala perampasan ruang hidup masyarakat.

Koordiantor lapangan (Korlap) dalam orasinya, Irfan mengatakan, di era pemerintahan saat ini ingin membentuk Rancangan Undang-Undang (RUU) Omnibus Law diantaranya ketenagakerjaan, pemindahan Ibu Kota Negara (IKN), lingkungan hidup dan tata ruang.

“Artinya, jika hal ini terjadi, pemerintah sama halnya membuka karpet merah lagi bagi investasi asing, seperti melegitimasi investasi perusak lingkungan,” kata Irfan.

Menurut dia, dengan menerapkan perbudakan modern lewat sistem fleksibilitas tenaga kerja upah perjam, memiskinkan petani, nelayan, masyarakat adat, serta terjadi kriminalisasi, represi, dan kekerasan negara terhadap rakyat.

“Sementara negara memberikan keistimewaan dan kekebalan hukum terhadap pengusaha. Di Sulbar sendiri khususnya Mamuju, banyak kemudian persoalan mulai dari pertanian, perkebunan, perikanan dan pendidikan. Hari ini belum merata untuk pro terhadap rakyat,” tutur Irfan.

Irfan menyebutkan, intinya, kami menolak segala perampasan hak rakyat dengan tuntutan tanah untuk rakyat.

“Naikkan upah buruh, pendidikan murah, tolak investasi asing, tolak rancangan upah jam kerja, stop kriminalisasi petani, tolak reklamasi pantai dan berdayakan petani serta nelayan,” sebut Irfan. (Adhy/Nis)

Trans89.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya