KPU Mamuju Launching Tahapan Pilkada Serentak

31 January 2020 03:19
KPU Mamuju Launching Tahapan Pilkada Serentak
KPU Mamuju launching tahapan Pilkada serentak Kabupaten Mamuju Tahun 2020, berlangsung di Cafe Nal Kompleks Rumah Adat Mamuju, Jalan KS Tubun, Kabupate Mamuju, Sulbar. (Ibrahim/Trans89.com)

MAMUJU, TRANS89.COM – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Mamuju launching tahapan pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak Kabupaten Mamuju Tahun 2020 dengan tema, ‘semangat macoa, menuju Pilkada Mamuju, mandiri, adil, cerdas, demokrasi dan aman, berlangsung di Cafe Nal Kompleks Rumah Adat Mamuju, Jalan KS Tubun, Kabupate Mamuju, Sulawesi Barat (Sulbar), Rabu (29/1/2020) malam.

Dalam sambutan Ketua KPU Mamuju, Hamdan Dangkang mengatakan, launching tahapan Pilkada serentak Kabupaten Mamuju Tahun 2020 malam ini mengangkat tema, semangat macoa untuk Pilkada Mamuju yang mandiri, adil, cerdas, demokratis dan aman.

“Filosofi mandiri di dalam melaksanakan Pilkada ini, penyelenggara tidak bisa diintervensi oleh pihak manapun termamsuk dari pemerintah itu sendiri,” kata Hamdan.

Menurut dia, filosofi adil diinginkan dalam pelaksanaan Pilkada ini, semua peserta nanti akan dilayani secara bersama-sama setara dan sama, tidak ada yang diistimewakan.

“Filosofi Cerdas diinginkan nantinya betul-betul di dalam menggunakan hak pilihnya penuh dengan kesadaran politik, menggunakan hak pilihnya karena bukan sesuatu atau pemberian, sehingga dia datang ke TPS nanti pada tanggal 23 September 2020, dimana betul-betul menggunakan hak pilihnya secara cerdas demokratis,” tutur Hamdan.

Ia menyebutkan, kunci kesuksesan dari pelaksanaan Pilkada 2020 sangat tergantung kepada peserta Pilkada nantinya yang tidak menghalalkan segala cara untuk meraih kemenangan dan tidak melakukan intimidasi.

“Pada bulan April sampai dengan Agustus 2020 ini, nanti akan dilaksanakan pemutakhiran data pemilih,” sebut Hamdan.

Selanjutnya sambutan Wakil Bupati (Wabup) Mamuju, Irwan SP Pababari menegaskan, sebuah pesta demokrasi yang marwahnya dikembalikan menjadi sesuatu hal yang harus dinikmati bersama sebagaimana layaknya sebuah hajatan pesta yang sesungguhnya.

“Semua adalah tanggung jawab bersama dan sinergi antara semua pemangku kepentingan, sehingga dapat berjalan secara harmonis. Pilkada Serentak 2020 semangat macoa menuju Pilkada Mamuju yaitu mandiri, adil, cerdas, demokrasi dan aman secara praktis dapat diartikan adalah sesuatu yang baik,” tegas Irwan.

Dirinya menjelaskan, maskot dan tema Pilkada Mamuju 2020 ini diharapkan akan menjadi harapan akan terlaksananya Pilkada yang baik dengan mengedepankan segala asas macoa.

“Momentum politik dalam pesta demokrasi ini dapat menjadi jembatan yang objektif dari aspirasi semua elemen masyarakat dalam memilih pemimpin daerah,” jelas Wabup Irwan.

Dilanjutkan sambutan Kapolresta Mamuju, Kombes Pol Minarto menyampaikan, pada kegiatan launching Pilkada Mamuju ini, pihak Polres, Kodim, Korem dan Polda sebagai pengawas dalam bidang hukum mengharapkan dalam Pilkada ini tidak ada pelanggaran dari penyelenggara maupun peserta.

“Selain itu, media jangan sampai ada berita hoax tentang Pilkada 2020. Pihak Kepolisian akan mencari dan memberikan hukuman bagi yang menyebarkan berita hoax,” papar Kombes Minarto.

Kapolres menuturkan, Polri dan TNI bersifat netral, apabila ada yang tidak netral agar dilaporkan.

“Dalam pemilihan ini pasti ada yang kalah dan menang, sehingga diharapkan dari media apabila ada berita yang memanas agar tidak membesar-besarkan,” tutur Kombes Minarto.

Kemudian sambutan Ketua KPU Sulbar, Rustang mengatakan, pada kegiatan launching Pilkada Mamuju 2020 ini sangat yakin bahwa seluruh penyelenggara bisa menjaga integritas, kejujuran, kemandirian dan keadilan.

“Perlakukan kepada setiap pasangan calon (paslon) harus sesuai yang seharusnya. Jarak kedekatan yang sama dan jarak jauh yang sama. Jika itu ditampilkan oleh penyelenggara pemilu, maka tidak akan ada teguran dari Bawaslu dan dapat meningkatkan kepercayaan masyarakat,” kata Rustang.

Rustang berharap kepada seluruh media, baik media cetak maupun elektronik untuk independen dalam melakukan pemberitaan terkait dengan pelaksanaan Pilkada serentak 2020.

“KPU Kabupaten Mamuju pada Pemilu 2019 yang lalu telah sukses meraih partisipasi yang cukup tinggi, maka pada Pilkada serentak tahun ini diharapkan partisipasi itu lebih meningkat lagi. Pihak KPU Provinsi mengharapkan pelaksanaan Pilkada 2020 ini berjalan aman dan lancar sesuai dengan motto KPU Mamuju yaitu macoa,” imbuh Rustang. (Ibrahim/Nis)

Trans89.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya