Bawaslu Majene dan Panwascam Sosialisasi Pemilih Pemula di MA Guppi Rangas

30 January 2020 07:49
Bawaslu Majene dan Panwascam Sosialisasi Pemilih Pemula di MA Guppi Rangas
Bawaslu Majene dan Panwascam Banggae sosialisasi bagi para pemilih pemula dengan menggelar goes to school dalam rangka Pilkada serentak di MA P3A Guppi Rangas, Kecamatan Banggae, Kabupaten Majene, Sulbar. (Abner/Trans89.com)
.

MAJENE, TRANS89.COM – Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwaslucam) Banggae sosialisasi bagi para pemilih pemula dengan menggelar goes to school (pergi ke sekolah) dalam rangka pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak di Madrasah Aliyah (MA) P3A Guppi Rangas, Kecamatan Banggae, Kabupaten Majene, Sulawesi Barat (Sulbar), Rabu (29/1/2020).

Komisioner Bawaslu Majene, Indriana Mustafa mengatakan, kegiatan sosialisasi goes to school Panwascam Banggae, akan gencar dilakukan untuk mensukseskan dan meningkatkan partisipasi pemilih dalam Pilkada terutama pada pemilih millenial atau pemula.

“Bawaslu memberikan pendidikan politik kepada pelajar SMA/Madrasah sederajat dan mengajak pemilih millenial untuk mempraktekkan hak politik yang baik dan bijak dalam berpartisipasi sebagai pemilih pemula pada Pilkada 2020,” kata Indriana.

Ia memberikan motivasi agar pemilih millenial tidak alergi atau anti politik, melainkan turut aktif menggunakan hak pilihnya dengan cara datang ke Tempat Pemungutan Suara (TPS).

“Harapannya kita, pemilih pemula dapat ikut mensukseskan target partisipasi pemilih yang ditargetkan secara nasional 80% pada Pilkada serentak 2020,” ujar Indriana.

Dirinya berharap agar santri Madrasah Aliyah P3A Guppi Rangas mengawasi bakal calon (Balon) Bupati dan Wakil Bupati (Wabup) Majene apabila menggunakan fasilitas negara maka segera memberitahukan kepada Bawaslu Majene.

“Dalam mengantisipasi Pilkada Bupati dan Wabup Majene, dimana para pemilih pemula hindari serangan fajar, serangan pada siang hari dan serangan pada malam hari. Apabila ingin memberitahukan kejanggalan atau pelanggaran Pemilu, bisa disampaikan ke Bawaslu Majene atau Panwascam,” kata Indriana.

Sementara Ketua Panwascam Banggae, Sirajuddin menyampaikan, yang akan menyukseskan pesta demokrasi bukan dari KPU dan Bawaslu saja, tapi seluruh elemen masyarakat.

“Money politik (politik uang) terjadi bukan hanya soal ekonomi, tetapi juga terkait kesadaran. Karenanya, pelajar sebagai generasi yang terdidik, diharapkan menolak segala bentuk politik yang bersifat transaksional,” imbuhnya. (Abner/Nis)

Trans89.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya