Wagub Sulbar Serahkan Bantuan Sebagai Pembinaan Kemandirian di LPP Kelas III Mamuju

28 January 2020 15:57
Wagub Sulbar Serahkan Bantuan Sebagai Pembinaan Kemandirian di LPP Kelas III Mamuju
Wagub Sulbar, Hj Enny Anggraeni Anwar menyerahkan bantuan pembinaan kemandirian di LPP Kelas III Mamuju, Jalan Lingkar Bandara Tampadang, Kecamatan Kalukku, Kabupaten Mamuju. (Aaron/Trans89.com)

MAMUJU, TRANS89.COM – Wakil Gubernur (Wagub) Sulawesi Barat (Sulbar), Hj Enny Anggraeni Anwar menyerahkan bantuan pembinaan kemandirian di Lembaga Permasyarakatan Perempuan (LPP) Kelas III Mamuju di hadiri sekitar 70 orang, berlangsung di Kompleks LPP Kelas III Mamuju, Jalan Lingkar Bandara Tampadang, Kecamatan Kalukku, Kabupaten Mamuju, Selasa (28/1/2020).

Sambutan Kakanwil Kemenkumham Sulbar diwakili Kepala Divisi Administrasi, Mutia Farida ucapkan terima kasih kepada Wakil Gubernur Sulbar karena sudah sering melakukan kunjungan ke Lapas Perempuan sebagai wujud perhatiannya.

“Lapas Perempuan akan berusaha melakukan pembinaan dengan baik kepada seluruh warga binaan, sehingga setelah lepas dari Lapas Perempuan, mempunyai bekal keterampilan,” ucap Mutia.

Menurut dia, pelayanan kesehatan menjadi perhatian khusus, karena seluruh warga binaan berhak mendapatkan pelayanan kesehatann yang baik.

“Bantuan berupa oven listrik pembuat kue roti ini diharapkan dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan sumber daya manusisa (SDM) kepada warga binaan yang ada di dalam Lapas Perempuan,” tutur Mutia.

Dirinya berharap, setelah keluar dari Lapas, warga binaan dapat membuka usaha sendiri dengan berbekal keterampilan yang telah di latihkan di dalam Lapas dan kita semuanya.

“Kami juga berharap, setelah menjalani masa rehabilitasi di dalam Lapas dapat kembali di terima oleh masyarakat,” harap Mutia.

Ditempat yang sama, Wagub Sulbar Hj Enny Anggraeni Anwar sangat perihatin karena jumlah warga binaan mengalami penambahan.

“Pemprov sangat memperhatikan kondisi warga binaan dengan harapan setelah menjalani masa rehabilitasi dapat kembali ke masyarakat menjadi warga yang baik dan meninggalkan masa kelamnya,” kata Enny.

Enny menyebutkan, pada tahap pertama, Dinas Koperasi dan Perdagangan kali ini memberikan sumbangan oven membuat roti serta mixer, kemudian pada tahap kedua akan di bantu mesin jahit serta akan didampingi guru menjahit.

“Hasil keterampilan warga binaan akan di bantu pemasarannya ke toko yang ada di Mamuju, terutama kepada Kadis jajaran Pemprov agar memanfaatkan kue hasil keterampilan dari warga binaan,” sebut Enny.

Wagub berharap, warga binaan perempuan yang ada di LPP Kelas III Mamuju sekiranya dapat menjadi contoh bagi warga yang ada di luar apabila berada di jalur yang salah.

“Semua warga binaan harus banyak berdoa dan bertawakkal kepada yang Maha Kuasa dan berjanji untuk tidak mengulangi kembali dan berada di jalan yang benar,” pean Enny.

Lanjut Wagub, dirinya akan berkoordinasi dengan Dinas Pertanian agar masuk ke Lapas untuk memberikan bantuan yang dapat di manfaatkan.

“Saya akan berkoordiansi dengan Dinas Pertanian agar juga berikan bantuan yang dapat dimanfaatkan dan di kelola dengan baik oleh warga binaan disini,” tambah Enny.

Adapun bantuan yang di berikan Wagub Sulbar, Hj Enny Anggraeni Anwar yakni 1 buah oven listrik pembuatan roti berukuran besar, 1 buah oven biasa, 1 buah mixer dan bahan mentah adonan roti.

Jumlah penghuni LPP Kelas III Mamuju saat ini berjumlah 43 orang termasuk ibu yang masih menyusui bayinya, dimana pidana umum (Pidum) sejumlah 7 kasus dan sisanya kasus narkoba. (Aaron/Nis)

Trans89.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya