Wagub Sulbar Pimpin Upacara Peringatan Hari Bhakti Imigrasi Mamuju

27 January 2020 22:31
Wagub Sulbar Pimpin Upacara Peringatan Hari Bhakti Imigrasi Mamuju
Imigrasi Kelas II Mamuju menggelar upacara dalam rangka peringati Hari Bhakti Imigrasi ke-70 Tahun 2020, berlangsung di Kantor Imigrasi Kelas II, Jalan Abdul Malik Pattana Endeng, Kelurahan Rangas, Kecamatan Simboro, Kabupaten Mamuju, Sulbar. (Ibrahim/Trans89.com)

MAMUJU, TRANS89.COM – Imigrasi Kelas II Mamuju menggelar upacara dalam rangka peringati Hari Bhakti Imigrasi ke-70 Tahun 2020 dengan tema, ‘SDM unggul Imigrasi pasti unggul’, berlangsung di Kantor Imigrasi Kelas II, Jalan Abdul Malik Pattana Endeng, Kelurahan Rangas, Kecamatan Simboro, Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat (Sulbar), Senin (27/1/2020).

Bertindak selaku Inspektur Upacara (Irup) Wakil Gubernur (Wagub) Sulbar, Enny Anggraeni Anwar dan bertindak Komandan Upacara (Danup) Kasubid Penindakan Imigrasi Ridha Syahutra.

Sambutan Wagub Sulbar, Enny Anggraeni Anwar mengatakan, imigrasi hadir dan dengan sigap menjawab tantangan zaman atas revolusi sosiokultural yang sangat dinamis dan bergerak maju ke depan.

“Fungsi ke imigrasian yang menjadi intisari dari Undang-Undang (UU) Nomor 6 Tahun 2011 telah dikumpulkan dengan baik ke dalam kebijakan dan kegiatan-kegiatan,” kata Enny.

Menurut dia, capaiaan membanggakan juga telah dihadirkan oleh Direktorat Jenderal (Dirjen) Imigrasi dan Unit Pelaksanaan Teknis (UPT) keimigrasian yakni fungsi pelayanan keimigrasian, fungsi penegakan hukum keimigrasian, fungsi keamanan negara dan fungsi fasilitator pembangunan kesejahteraan masyarakat.

“Tahun 2020 diharapkan kepada Dirjen Imigrasi beserta seluruh jajaran untuk melaksanakan pengembangan sistem layanan izin tinggal terbatas, pengembangan penegakan hukum melalui perwujudan administrasi negara hukum dan penurunan jumlah pelanggaran keimigrasian, dan meningkatan kualitas produk intelijen keimigrasian melalui pelaksanaan Alexa dengan mengolah seluruh informasi intelijen secara periodik,” tutur Enny.

Ia menjelaskan, peningkatan pelayanan pengamanan dokumen perjalanan melalui paspor elektronik berbahan polycarbonate melalui perencanaan yang terukur dan implementasi yang efektif dan meningkatkan kerjasama keimigrasian antar lembaga.

“Diharapkan perjanjian kerjasama keimigrasian dan antar lembaga dapat diimplementasikan dengan penuh komitmen serta kolaborasi yang dilaksanakan akan timbul dalam pelaksanaan produksi,” jelas Enny.

Dirinya menyebutkan, imigrasi membutuhkan sumber daya manusia (SDM) yang unggul untuk merealisasikan penuh target yang telah diamanatkan dapat merealisasikan seluruh tugas dan amanat dengan baik serta tetap dalam koridor pelaksanaan yang terukur.

“Jadilah penjaga pintu gerbang negara yang bermartabat dan berintegritas, tetaplah menjadikan peraturan perundang-undangan sebagai koridor dalam seluruh pelaksana tugas dan fungsi keimigrasian,” sebut Enny.

Hadir di kegiatan tersebut, Ketua DPRD Sulbar St Suraidah, Kajati Sulbar Darmawel Aswar, Kabinda Sulbar Bagus Suryo Nugroho, Danrem 142 Tatag Kolonel Inf Eventius Teddy Danarto, Kakanwil Kemenkumham Harun Sulianto, Direktur Pengamanan Obyek Vital (Obvit) Polda Sulbar Kombes Pol Adi Wijaya, Danlanal Mamuju Letkol Marinir La Ode Jimmy, Kepala Imigrasi Kelas II Mamuju Zakaria, Kepala Perwakilan Ditjen Perbendaharaan Sulbar Imik Eko Putro. (Ibrahim/Nis)

Trans89.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya