Seminar Sampekat Tonyooi Benuaq Kubar Sebagai Penyangga IKN di Kantor Gubernur Kaltim

26 January 2020 10:21
Seminar Sampekat Tonyooi Benuaq Kubar Sebagai Penyangga IKN di Kantor Gubernur Kaltim
Seminar Sampekat Tonyooi Benuaq (STB) dengan tema, 'menyongsong era baru Tonyooi Benuaq dalam menyambut Ibu Kota Baru RI', diselengarakan STB di Gedung Olah Bebaya Komplek Lamin Etam Kantor Gubernur Kaltim, Jalan Gajah Mada, Kelurahan Jawa, Kecamatan Samarinda Ulu, Kota Samarinda. (Mas Ole/Trans89.com)

SAMARINDA, TRANS89.COM – Seminar Sampekat Tonyooi Benuaq (STB) dengan tema, ‘menyongsong era baru Tonyooi Benuaq dalam menyambut Ibu Kota Baru Republik Indonesia (RI)’, diselengarakan STB dihadiri sekitar 40 orang peserta di Gedung Olah Bebaya Komplek Lamin Etam Kantor Gubernur Kalimantan Timur (Kaltim), Jalan Gajah Mada, Kelurahan Jawa, Kecamatan Samarinda Ulu, Kota Samarinda, Jumat (24/1/2020).

Hadir digiat tersebut, Kepala Biro Kesra Sekretariat Provinsi (Setprov) Kaltim Elto, Bupati Kutai Barat (Kubar) FX Yapan, Dosen Universitas Mulawarman (Unmul) Martinus Nanang, Ketua Dewan Adat Dayak (DAD) Kaltim Zaenal Arifin, Dosen Ekonomi Fakultas Ekonomi Unmul Theresia Melitina, Dosen Fakultas Kehutanan Unmul yang juga Sekretaris Insan Cendekiawan (ICDN) Kaltim Paulus Matin Us, Ketua SETB Hengki Panitia Portinanin, Akuntan Publik Driyono Edward, Dosen Universitas Tujuhbelas Agustus (Untag) Samarinda dan sebagai moderator Erika.

Laporan panitia Portinanin mengucapkan terimakasih atas partisipasinya kepada semua pihak yang telah mendukung pelaksanaan seminar Sempekat Toyooi Benuaq.

“Hal in kita dapat melaksanakan dengan baik yang tentu menyangsong era baru,” ucapnya.

Sambutan Ketua STB, Hengki mengatakan, karena di tahun-tahun sebelumnya kita saat merayakan Natal bersama alangkah baiknya kita mengadakan seminar, karena sayang momentum kita lewatkan, sebab banyak hal yang ada di STB, tentunya nanti akan menyumbangkan pikiran di Pemerintah Kutai Kertanegara (Kukar) yang nantinya akan menjadi penyangga Ibu Kota Negara (IKN).

“Kita tidak bisa menolak lagi bahwa Kaltim nanti akan menjadi IKN baru, maka sebagai warga Dayak STB harus dan Kab Kubar merupakan sebagai penyangga IKN. Diharapkan hasil seminar ini kami bisa mempersiapkan diri sebagai warga Dayak untuk menyongsong era baru dalam menyambut IKN RI,” kata Hengki.

Sambutan Gubernur Kaltim diwakili Kepala Biro Kesra Setprov Kaltim, Elto ucapakan atas nama Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kaltim mengapresiasi yang sangat tinggi atas dilaksnakannya seminar STB Kaltim 2020 yang mengangkat tema menyongsong rra baru Tonyooi Benuaq dalam menyambut Ibu Kota Baru RI.

“Kami mengetahui bahwa masyarakat Dayak sangat sabar, bijaksana, senantiasa bersikap toleransi dan saling menghormati, saling memegang teguh dimana bumi dipijak disitu langit dijunjung, sangat penting dalam kita memberikan masukan pemikiran dan rekomendasi kepada pemerintah tentang banyak hal baik yang bersangkutan dengan budaya maupun pembangunan bangsa dan negara kita menjadi lebih baik,” ujar Elto.

Menurut dia, kita sudah tau semua, Kaltim telah ditunjuk sebagai IKN untuk menggantikan pusat pemerintahan di Jakarta, dan tentu hal ini berdampak positif bagi masyarakat Kaltim, dimana pembangunan Ibu Kota Baru akan mempengeruhi tingkat kesejahteraan.

“Maka dari itu, Pemprov Kaltim mendukung seminar yang mengangkat tema menyongsong era baru Toyooi Benuaq dalam rangka menyambut Ibu Kota Baru RI,” tutur Elto.

Ia menyampaikan, Kabupaten Kubar dalam hal ini Bupati Kubar sudah menyiapkan hal-hal apa yang sudah dicapai dan kendala-kendala apa yang sedang dialami dalam membangun Kubar, tentu hal ini menjadin PR kita semua sebagai kabupaten penyangga IKN.

“Kami berharap, bupati, para tokoh dan semua pihak untuk memberikan dukungan, saran pikiran yang membangun, tentunya nanti akan dijadikan pedoman, pemikiran dalam menyusun kebijakan oleh Bupati untuk melanjutkan roda pemerintahan di Kubar ke depan lebih maju sejahtera,” papar Elto. (Ole/Nis)

Trans89.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya