Dinas PP, PA, Pengendalian Penduduk dan KB Siap Jalankan Visi Misi Bupati Serta Wabup Pasangkayu

22 January 2020 21:37
Dinas PP, PA, Pengendalian Penduduk dan KB Siap Jalankan Visi Misi Bupati Serta Wabup Pasangkayu
Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak,Pengendalian Penduduk dan KB, kabupaten Pasangkayu Arhamuddin. (Andis/Trans89.com)

PASANGKAYU, TRANS89.COM – Usai dilantik sebagai sebagai eselon II baru-baru ini, Kepala Dinas (Kadis) Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan KB Kabupaten Pasangkayu, siap menjalankan visi misi bupati dan wakil bupati (Wabup) diakhir periode 2021 melalui link sektor organisasi perangkat daerah (OPD-nya).

Hal tersebut dikatakan mantan Sekretaris Bappeda, Arhamuddin saat ditemui awak media di ruang kerjanya, di Pasangkayu, Sulawesi Barat (Sulbar), Rabu (22/1/2020).

“OPD mempunyai tugas pokok melaksanakan penyusunan dan pelaksanaan kebijakan daerah dibidang Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (KB),” kata Arham.

Menurut dia, untuk melaksanakan tugas tersebut, ada beberapa fungsi, antara lain perumusan kebijakan teknis dibidang pengendalian kuantitas penduduk dan keluarga berencana, pelaksanaan norma, standar, prosedur dan kriteria dibidang pengendalian kuantitas penduduk dan KB.

“Kami juga melaksanaan pemaduan dan sinkronisasi kebijakan pengendalian kuantitas penduduk, pemetaan perkiraan pengendalian penduduk, serta melaksanaan advokasi, komunikasi, informasi dan edukasi pengendalian kuantitas penduduk dan KB,” tutur Arham.

Ia mengemukakan, ini sudah kami rapatkan secara internal di OPD untuk bagaimana bisa sinergi semua bidang dalam menjalankan visi misi bupati dan wakil bupati diakhir periode 2016-2021 yang sementara berjalan.

“Terkhusus lagi di bidang KB, OPD juga akan melaksanaan pendayagunaan tenaga Penyuluh KB atau petugas lapangan KB dan kader KB serta pendistribusian kebutuhan alat termasuk obat kontrasepsi dalam pelayanan KB,” ujar Arham.

Lanjut Arham, jadi kita akan lebih spesifikasi lagi ke peningkatan peran serta organisasi kemasyarakatan dalam pelaksanaan pelayanan, pembinaan kesertaan ber-KB dalam pembinaan ketahanan dan kesejahteraan keluarga.

“Tentunya hal ini akan dibarengi dengan evaluasi pencapaian program pertriwulannya,” tambahnya. (Ndi)

Trans89.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya