Pendukung Ferdi Lahura Palang Kantor Desa Gosomo di Halut

16 January 2020 02:10
Pendukung Ferdi Lahura Palang Kantor Desa Gosomo di Halut
Pemalangan Kantor Desa Gosoma dengan menggunakan Kayu Balok yang di lakukan pendukung Ferdi Lahura di Kecamatan Tobelo, Kabupaten Halut, Malut. (Aripin/Trans89.com)

HALMAHERA UTARA, TRANS89 – Sekitar pukul 00.30 WIT, pemalangan Kantor Desa Gosoma dengan menggunakan kayu balok yang di lakukan pendukung Ferdi Lahura diikuti 20 orang dipimpin Delfin di Kecamatan Tobelo, Kabupaten Halmahera Utara (Halut), Maluku Utara (Malut), Rabu (15/2020) dini hari.

Pemalangan Kantor Desa Gosoma para pendukung Ferdi Lahura mengacu pada pemilihan kepala desa (pilkades) yang di laksanakan beberapa waktu lalu yang mereka nilai Bupati Halut mengambil keputusan hasil penghitungan pilkades dari hasil pemilihan ulang di Polres Halut dengan memenangkan kandidiat Opniel Kofia.

Berdasarkan hal itu, pendukung Ferdi Lahura menduga ada kecurangan dalam pelaksanaan pilkades di Desa Gosoma, dimana pada saat pelaksanaan hasil perhitungan suara di tandatangani oleh panitia, calon melalui berita acara desa oleh saksi.

“Kami menolak dengan keputusan Bupati Halut yang memenangkan satu kandidat dengan hasil dilaksanakan perhitungan kembali di Polres Halut, dimana hasil perhirungan pilkades di Desa Gosoma dengan hasil suara sama,” kata Delfin.

Menurut Delfin, dimana kami ketahui, bahwa sesuai dengan Permendagri Nomor 65, bahwa perhitungan suara di hitung dari dusun yang ada.

“Akan tetapi ini dilakulan penghitungan sauara kembali di Polres Halut,” tutur Delfin.

Pendukung Ferdi Lahura, Delfin dan lainnya, meminta agar perhitungan suara di kembalikan ke desa sesuai dengan berita acara panitia Pilkades karena mengacu pada Pemendagri 65.

“Pada saat kami menemui Bupati Halut bertujuan untuk menanyakan keputusan Bupati dan menyampaikan bahwa salah dalam pelaksanaan Pilkades yang dimana tidak mengacu permendagri dan melakukan peraturan bupati (Perbub),” ujar Delfin.

Hingga pukul 02.30 WIT, Kantor Desa Gosoma masih di palang dan pendukung Ferdi Lahura masih berada di Kantor Desa Gosoma. (Aripin/Nis)

Trans89.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya