Program CSR, PT LTT Bangun RBJ TKKS di SMA Rio Pakawa

15 January 2020 00:22
Program CSR, PT LTT Bangun RBJ TKKS di SMA Rio Pakawa
Peresmian program CSR PT LTT dengan membangun rumah budidaya jamur (RBJ) tandan kosong kelapa sawit (TKKS) di SMAN 1 Rio Pakava di Desa Minti Makmur, Kabupaten Donggola, Sulteng. (Muhammad Tahir Pilo/Trans89.com)

DONGGALA, TRANS89.COM – SMAN 1 Rio Pakava kedatangan tamu 15 orang guru sekolah SMA dari dua wilayah Kabupaten Donggala dan Parigi Moutong serta 2 orang perwakilan tamu dari perusahaan perkebunan kelapa sawit PT Lestari Tani Teladan (LTT) yang merupakan anak usaha PT Astra Agro Lestari Grup (AAL) Tbk Group Area Celebes 1 (C1).

Kegiatan itu untuk mengenal kebudayaan yang telah berkembang di dalam lingkungan SMAN 1 Rio Pakava di Desa Minti Makmur, Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah (Sulteng).

Hal itu menarik perhatian para tamu dalam rangka Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMA se-Kabupaten Donggala dan Parigi Moutong, sekaligus meresmikan pemotongan pita program corporate social Responsibility (CSR) PT LTT di SMAN 1 Rio Pakava yakni rumah budidaya jamur (RBJ) tandan kosong kelapa sawit (TKKS), Senin (13/1/2020).

Nampak hadir Kepala Dinas (Kadis) Pendidikan Wilayah II Sulteng untuk Kabupaten Donggala-Paririgi Moutong Injesari Pasau, Community Developmen Officer (CDO) PT LTT Hendi Widjayanto serta sejumlah Kepala Sekolah (Kepsek) SMA se-Kabupaten dua wilayah tersebut.

Kepsek SMAN1 Rio Pakava Rahman MH menyambut baik sebagai tuan rumah dan pemandu dalam mengenal lebih dalam bagaimana kondisi sekolah tersebut.

Kegiatan pertemuan dilaksanakan di halaman SMA 1 Rio Pakava, dan usai menyajikan topik pembicaraan oleh Injesari Pasau meninjau tempat RBJ TKKS dan cara pembuatannya.

Peninjuan ke industri kecil RJB TKKS atau dalam bahasa dimasyarakat yaitu tankos bertujuan melihat langsung proses pembudidayaan jamur yang berasal dari tankos kelapa sawit serta olahan dari jamur tersebut menjadi makanan berupa abon.

Tankos sawit yang dibudidayakan tersebut berasal dari limbah kelapa sawit yang telah diolah di pabrik kelapa sawit PT LTT kemudian dikirim ketempat industri kecil pembudidayaan jamur yang telah di programkan oleh kelompok masyarakat.

Sebelum adanya industri kecil pembudidayaan jamur tankos, Tim Pramuka SMAN 1 Rio Pakava mengikuti perlombaan mempromosikan makanan hasil dari olahan jamur TKKS di sebut tangkos buah kelapa sawit di wilayah Bukit Paneki Kabupaten Sigi tahun lalu.

Biasanya tankos hanya diaplikasikan ke kebun perusahaan untuk dijadikan pupuk organik dan jamur yang muncul ditankos biasanya diambil oleh pekerja dan masyarakat hanya untuk dimasak menjadi lauk makanan.

Pembudidayaan jamur tankos itu merupakan bentuk kerja sama perusahaan PT LTT dengan SMAN 1 Rio Pakava dan masyarakat sekitar wilayah kerjanya, agar masyarakat bisa lebih mandiri dalam menjadikan limbah sawit menjadi sesuatu yang lebih bermanfaat untuk kesejahteraan masyarakat itu sendiri.

Administratur (ADM) PT LTT Dani Sitorus diwakili (CDO) Hendi widjayanto menyampiakan, budidaya jamur TKKS itu bisa memberikan sumbangsih buat anak sekolah dan menjadi contoh tempat lain dan hasilnya bisa di buatkan abon jamur ini, rasanya enak.

“Apa yang dibuat ini adalah sesuatu yang baru dan merupakan suatu kreatifitas masyarakat yang patut kita kembangkan, agar menjadi suatu usaha untuk bisa menambah pendapatan ekonomi masyarakat serta lapangan kerja untuk masyarakat itu sendiri,” imbuh Hendi. (Tahir/Nis)

Trans89.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya