Bupati Lantik Pejabat dan Serahkan DPA, Eltinus Kecewa Kinerja 5 OPD Pemkab Mimika

14 January 2020 02:09
Bupati Lantik Pejabat dan Serahkan DPA, Eltinus Kecewa Kinerja 5 OPD Pemkab Mimika
Bupati Mimika lantik pejabat administrator Direktur RSUD Mimika, Plt Kadis Perkim, Plt Kadis Kesehatan, penyerahan DPA SKPD dan penyerahan Randis berlangsung di pendopon rumah jabatan Bupati, Jalan Cenderawasih SP 3, Distrik Kuala Kencana, Kabupaten Mimika, Papua. (Hanung/Trans89.com)
.

MIMIKA, TRANS89.COM – Bupati Mimika melantik pejabat administrator Direktur RSUD Mimika, penyerahan Dokumen Pelakasanaan Anggaran (DPA) Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Tahun Anggaran 2020 dan penyerahan kendaraan dinas (Randis) dihadiri sekitar 100 orang tamu undangan.

Kegiatan tersebut berlangsung di pendopon rumah jabatan Bupati Eltinus Omaleng, Jalan Cenderawasih SP 3, Distrik Kuala Kencana, Kabupaten Mimika, Papua, Senin (13/1/2020).

Acara diawali dengan pembacaan surat keputusan (SK) Bupati Mimika, Nomor SK.821.2-03 Tanggal 30 Desember 2019, tentang pelantikan pejabat administrator Direktur RSUD Mimika, kemudian pengambilan sumpah janji Direktur RSUD Mimika Antonius Pasulu, lalu pernyataan pelantikan, penandatanganan SK pelantikan serta penyerahan SK pelantikan oleh Eltinus Omaleng.

Dilanjutkan dengan pelantikan Asisten II Setda Kabupaten Mimika Nicholaas E Kuahaty selaku Pelaksantugas (Plt) Kepala Dinas (Kadis) Perumahan Kawasan Pemukiman (Perkim) dan Pertanahan, Sekretaris Dinas Kesehatan Reynold Rizal Ubra dilantik Plt Kadis Kesehatan Mimika.

Kemudian dilanjutkan penyerahan DPA SKPD Tahun Anggaran 2020 di lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mimika kepada perwakilan organisasi perangkat daerah (OPD), penyerahan randis kepada Asiten I Demianus Katiop, Asisten II Nicholaas E Kuahaty, Asisten III Sihol Parningotan dan Kapolres Mimika diwakili Kabagsumda Kompol Arifin.

Dalam sambutan Bupati Mimika, Eltinus Omaleng mengatakan, dirinya baru saja menyerahkan anggaran DPA Tahun anggaran 2020, diman tahun 2019 anggaran Rp3,1 tirilun, sedangkan tahun ini anggaran mencapai Rp4,1 tiriliun.

“Untuk itu, saya harapkan agar anggaran yang sudah ada dipergunakan dengan baik. Kepada Dinas PU, Pendidikan, Perhubungan dan Pertanahan yang sudah menyerap anggaran yang begitu besar akan tetapi tidak sesuai yang saya harapkan,” kata Eltinus.

Menurutnya, ada 5 OPD yang serapan anggaran terlalu rendah, sehingga tidak sesuai dengan apa yang dia harapkan, diman misinya yang utama adalah infrastruktur, kesehatan dan pendidikan, namun serapan anggaran keseluruhan hanya 83% untuk Tahun 2019.

“Untuk itu saya kecewa, dimana anggaran yang sudah saya anggarkan tidak dipergunakan dengan baik, sehingga harus dikembalikan lagi ke kas daerah (Kasda),” tutur Eltinus.

Ia menjelaskan, untuk Randis sudah ada, akan tetapi dirinya akan menilai dalam waktu 3 bulan kedepan kinerja siapa yang baik maka akan diberikan apresiasi berupa Randis.

“Yang saya lihat sekarang, pimpinan tidak menjalin kerjasama yang baik dengan anggotanya, sehingga sekarang ini saya hanya akan melihat anggota dari dinas mana yang mengundurkan diri, maka Kadis akan saya copot, itu berarti tidak ada kerjasama yang baik antara pimpinan dan anggota,” jelas Eltinus.

Dirinya menyebutkan, anggaran Terminal Bandara sudah dianggarkan Rp156 miliar akan tetapi tidak ada perubahan sama sekali.

“Untuk itu saya sangat kecewa, dimana yang saya harapkan Bandara tersebut harus diselesaikan sebelum pelaksanaan PON 2020, sehingga bisa digunakan pada saat pelaksanaan PON 2020,” sebut Eltinus. (Hanung/Nis)

Trans89.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya