Cuaca Ekstrim di Tabalong Akibatkan Sungai Meluap dan Merendam Pemukiman Warga

13 January 2020 00:50
Cuaca Ekstrim di Tabalong Akibatkan Sungai Meluap dan Merendam Pemukiman Warga
Cuaca ektsrim dengan entitas hujan tinggi terjadi akibatkan sungai meluap di wilayah Kabupaten Tabalong, Kalsel. (Ari Bagas Yusuf/Trans89.com)

TABALONG, TRANS89.COM – Cuaca ektsrim dengan entitas hujan tinggi terjadi di wilayah Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan (Kalsel), Minggu (12/1/2020).

Pantauan dilapangan, meningkatnya debit air sungai Tabalong akibat curah hujan yang terjadi selama sepekan mengalami peningkatan secara terus menerus, khususnya air sungai di wilayah Tengah di daerah Tanjung, Kabupaten Tabalong.

Hal itu mengakibatkan terjadinya banjir dan merendam bagian bawah rumah dan halaman pada 3 gang di pemukiman warga Desa Ujung Murung, RT 04 Kelurahan Tanjung yang berjumlah sekitar 66 kepala keluarga (KK).

Lokasi pemukiman warga yang terkena dampak banjir tersebut merupakan dataran rendah yang dekat dengan sungai Tabalong dan hampir setiap musim penghujan tiba, debit air sungai Tabalong mengalami peningkatan, sehingga warga yang tinggal di rumah panggung tersebut selalu terkena dampak banjir akibat luapan air sungai.

Hingga saat ini kondisi air di pemukiman tersebut menggenangi bagian bawah bangunan rumah warga dengan ketingian mencapai sekitar 30 centimeter (cm) atau setinggi lutut orang dewasa, dan warga masih tetap bertahan di rumah masing-masing.

Tidak ada korban jiwa akibat meluapnya sungai Tabalong. (Ari/Nis)

Trans89.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya