PMII Lumajang Gelar Pelatihan Kader Lanjutan Ke II

11 January 2020 08:31
PMII Lumajang Gelar Pelatihan Kader Lanjutan Ke II
PMII Cabang Lumajang menggelar pelatihan kader lanjutan (PKL) ke II di aula BKD, Jalan Ahmad Yani, Kepuharjo, Kabupaten Lumajang, Jatim. (Awin D/Trans89.com)
.

LUMAJANG, TRANS89.COM – Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Cabang Lumajang menggelar pelatihan kader lanjutan (PKL) ke II dihadiri sekitar 500 orang peserta di aula Badan Kepegawaian Daerah (BKD), Jalan Ahmad Yani, Kepuharjo, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur (Jatim), Jumat (10/1/2020).

Salam sambutan Ketua Cabang PMII Lumajang, Syaiful Anwar mengatakan, pelatihan kader lanjutan ini adalah momen kebangkitan kader, karena PMII Lumajang saat ini semakin lemah dibanding dengan kader yang ada di kabupaten lainnya.

“Saya berharap PKL disetiap kepengurusan harus terus dilakukan pengkaderan akedemisi yang kuat, sehingga dapat membawa perubahan kedepannya,” kata Syaful.

Menurutnya, PMII adalah salah satu organisasi yang masih memikirkan kepentingan bangsa dan salah satu organisasi yang masih solid tentang kepentingan bangsa adalah PMII.

“Kader PMII saya harapkan bisa menggerakkan potensi-potensi wilayah yang ada di desa dan semua ongkos politik sangat mahal. Untuk itu, para kader harus bisa mengisi pembagunan yang ada di desa dan mengawal pengunaan anggaran dana desa (ADD),” tutur Syaiful.

Ketua PMII Jatim, Abdul Ghoni menyampaikan, semua permasalahan diera saat ini akan dijawab secara elektronik, apakah semua itu bisa mengalahkan pelayanan masyarakat dan kepuasan masyarakat tentang digitalisasi yang muncul.

“Program digitalisasi apakah sudah bisa menggeser pemberdayaan yang sudah diberikan selama ini dan opini di media sosial (medsos) sangat luar biasa. Desa mandiri juga memerlukan keterlibatan kita untuk bisa mengoptimalkan apa yang menjadi potensi desa mandiri,” papar Ghoni.

Ditempat yang sama, Sekjen PMII Jatim Jul Fahmi menjelaskan, kesiapan kader sangat memiliki peran penting dalam suksesnya program desa mandiri yang ada di Kabupaten Lumajang.

“Ilmu pengetahuan dan skil sangat diperlukan pada peran desa mandiri yang sangat tidak mudah dicapai kalau kita tidak mau belajar. Saya harap, para kader memiliki koneksi antara desa satu dengan desa yang lain dan sinergitas antar lembaga harus terjalin dengan baik,” jelas Jul.

Selanjutnya Ketua Ikatan PMII Lumajang, Ahmad Taufik Hidayat mengucapkan mohon maaf apabila ada sarana dan prasarana yang ada saat ini kurang memadai, namun kita harus syukuri inilah yg terbaik.

“Semoga dengan kegiatan PKL ini dapat berjalan dengan lancar dan mendapat kader militansi yang tinggi serta profesional. Dalam waktu dekat akan dilakukan kegiatan Rakorda PMII se-Jatim yang Insya Allah akan dilaksanakan ditempat ini,” ucap Taufik.

Kemudian Kapolres Lumajang, AKBP Ade Wira Negara Siregar menyampaikan, tugas kepolisian adalah kamtibmas yang selalu berkerja dengan stakholder dengan bersinergi, dimana PMII adalah organisasi aktif yang anti radikalisme dan terorisme.

“Mari kita bersinergi dalam pencegahan radikalisme dan terorisme yang saat ini semakin meresahkan. Kedepan kita akan diskusi masalah radikalisme dan terorisme. Mari kita berkolaborasi dalam memerangi radikalisme dan terorisme, karena dua faktor tersebut menjadi ancaman nasional,” papar AKBP Ade.

Terakhir sambutan Bupati Lumajang, Thorikul Haq yang juga Majelis Pembina PMII Lumajang menyebutkan, kita tidak terasa bahwa percepatan pada pola hidup kita yang tidak terbendung dan mau tidak mau harus kita siapkan karena pada saat ini kita masuk pada era yang serba digital yang memaksa kita harus bisa mengikutinya.

“PMII masa kini diharapkan mampu melakukan dialog dan keterbukaan dan disinilah kalian akan belajar. Serap apa yang disampaikan dalam pelatihan yang kurang lebih 5 hari ini dan saya harapkan nanti hadir setelah didunia nyata dengan membawa perubahan,” sebut Thorikul.

Hadir digiat tersebut, Ketua DPRD Lumajang Anang Akhmad Syaifudin, Ketua Bawaslu Lumajang Amin Sobari, Pasi Intel Kodim 0821 Lumajang Kapten Arm Aji Joyo Kumoro. (Awin/Nis)

Trans89.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya