Dua Pimpinan Definitif DPRD Pulau Taliabu Dilantik Awal Tahun, Satu Tertunda

11 January 2020 02:36
Dua Pimpinan Definitif DPRD Pulau Taliabu Dilantik Awal Tahun, Satu Tertunda
Pelantikan unsur pimpinan DPRD Kabupaten Pulau Taliabu masa bakti periode 2019-2024 di ruang rapat kantor DPRD di Desa Bobong, Kecamatan Taliabu Barat, Kabupaten Pulau Taliabu, Malut. (Aripin/Trans89.com)

PULAU TALIABU, TRANS89.COM – Rapat paripurna pelantikan unsur pimpinan DPRD Kabupaten Pulau Taliabu masa bakti periode 2019-2024 di ruang rapat kantor DPRD di Desa Bobong, Kecamatan Taliabu Barat, Kabupaten Pulau Taliabu, Maluku Utara (Malut), Jumat (10/1/2020).

Rapat paripurna dipimpin ketua sementara DPRD Pulau Taliabu Nuh Hasi, sementara yang melantik unsur pimpinan DPRD adalah Ketua Pengadilan Negeri Bobong Wilson Shriver.

Sementara SK Gubernur Malut terkait pelantikan unsur pimpinan DPRD dibacakan Sekretaris DPRD Pulau Taliabu, Ali Umanahu mengatakan, dengan SK Gubernu Malut Nomor 534/KPTS/MU/ 2019, tentang peresmian pimpinan DPRD Kabupaten Pulau Taliabu Masa Bakti 2019-2024.

“Manka dengan ini pengangkatan Ketua dan Wakil Ketua DPRD Pulau Taliabu masa bakti 2019-2024, sebagai Ketua DPRD Pulau Taliabu Meilan Mu dari Partai Golkars dan Wakil Ketua DPRD Pulau Taliabu Muhammad Zainal Ashar dari PDI Perjuangan. Sementara pimpinan lainnya dari Partai Demokrat belum disertakan dalam pelantikan ini karena masih ada pertimbangan Gubernur melalui Biro Hukum Provinsi Malut,” kata Ali.

Uasi pelantikan, dilanjutkan penyerahan palu sidang oleh Ketua DPRD periode 2014-2019 kepada Ketua DPRD periode 2019-2024.

Sambutan Gubernur Malut dibacakan Bupati Pulau Taliabu, Aliong Mus menyampaikan, mengawali sambutan ini, atas nama pimpinan daerah dan juga selaku pribadi, dirinya mengucapkan selamat kepada rekan-rekan pimpinan dewan yang terhormat yang baru saja selesai mengucapkan sumpah janji di hadapan kita semua.

“Ini merupakan suatu kepercayaan sekaligus sebagai amanat yang diberikan seluruh rakyat kepada saudara-saudara, dengan harapan agar dapat menjalankan tugas dan fungsinya secara baik untuk memenuhi kepentingan seluruh masyarakat Pulau Taliabu,” papar Aliong.

Menurutnya, pelantikan pimpinan dewan yang definitif merupakan salah satu syarat pembentukan alat-alat kelengkapan (alkep) dewan, agar dapat menjalankan tugas dan fungsinya secara maksimal bersama unsur Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pulau Taliabu.

“Saya berharap kepada para pimpinan DPRD Kabupaten Pulau Taliabu yang baru saja dilantik serta anggota DPRD secara keseluruhan, untuk dapat bekerjasama dan senantiasa bersinergi bersama dengan Pemkab Pulau Taliabu dalam menjalankan pembangunan selama lima tahun kedepan,” tutur Aliong.

Ia menjelaskan, kedepannya, sinkronisasi antara pemerintah daerah (Pemda) dan DPRD bisa terjalin dengan baik dan mengajak pimpinan dan anggota DPRD masa bakti 2019-2024 agar mari bersama-sama mengoptimalkan program-program dan visi-misi Pemda dengan mengacu pada RPJMD yang ada.

“Namun hal itu tetap berpegang teguh pada fungsi-fungsi kelembagaan DPRD, sehingga fungsi check and balance tetap berjalan untuk menghasilkan program yang benar-benar bermanfaat dan berpihak kepada masyarakat. Selamat bertugas kepada pimpinan DPRD yang baru dilantik, semoga kita mendapatkan hidayah dan taufik dari Allah SWT, sehingga kita dapat melaksanakan tugas dan tanggungjawab ini dengan sebaik-baiknya,” jelas Alion. (Aripin/Nis)

Trans89.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya