Pemkab Lima Puluh Kota Gelar Upacara Peringati Peristiwa Gugurnya Sembilan Syuhada di Nagari Pandam Gadang

10 January 2020 15:13
Pemkab Lima Puluh Kota Gelar Upacara Peringati Peristiwa Gugurnya Sembilan Syuhada di Nagari Pandam Gadang
Upacara dan tabur bunga dalam rangka peringati gugurnya 9 orang syuhada di Titia Dalam, Nagari Pandam Gadang, Gunung Omeh, Kabupaten Lima Puluh Kota, Sumbar. (Hendro Wijaya/Trans89.com)
.

LIMA PULUH KOTA, TRANS89.COM – Upacara dan tabur bunga dalam rangka memperingati gugurnya 9 orang syuhada yang dengan gagah berani berkorban jiwa raga dalam mempertahankan Nagari Pandam Gadang dari kolonialis penjajah Belanda pada 10 Januari 1949 lalu.

Ziarah ke makam para pejunag tersebut di Titia Dalam, Nagari Pandam Gadang, Gunung Omeh, Kabupaten Lima Puluh Kota, Sumatera Barat (Sumbar), Jumat (10/1/2020).

Pemerintah Daerah (Pemda) Kabuapten Lima Puluh Kota membuat peraturan daerah (perda) perihal ditetapkannya setiap tanggal 10 Januari sebagai hari melaksanakan upacara dan acara tabur bunga dan ziarah dalam rangka mengingat jiwa patriotisme ke-9 syuhada menghalau dan mengusir penjajah Belanda dari Nagari Pandam Gadang Gunung Omeh bersama-sama dengan Pemerintahan Darurat Republik Indonesia (PDRI) berjuang mempertahankan tanah tumpah darah Indonesia di sektor Gunung Omeh.

Kegiatan diawali dengan tarian persembahan, laporan Perwira Upacara, penghormatan kepada Inspektur Upacara, mengheningkan cipta , penghormatan kepada arwah para pahlawan, doa, tabur bunga di pusara ke-9 syuhada dan dilanjutkan pembacaan lintas sejarah singkat perjuangan para syuhada yang berjuang hingga gugurnya.

Pada kesempatan tersebut, Wakil Bupati (Wabup) Lima Puluh Kota Ferizal Ridwan menyampaikan negara yang besar adalah negara yang menghargai jasa-jasa para pahlawannya.

“Saya berharap kita tetap mewarisi jiwa-jiwa patriotisme dalam membela tanah air tercinta yaitu Indonesia. Dalam suasa hujan dan hikmat kegiatan dapat berjalan dengan lancar,” papar Ferizal.

Hadir di kegiatan tersebut diantaranya Wakil Bupati Lima Puluh Kota, Kasdim 0306/50 Kota Mayor Czi Manat Sianturi, Anggota DPRD Lima Puluh Kota, Sekda dan OPD Lima Puluh Kota, Tokoh masyarakat, para siswa dan masyarakat lainnya. (Hendro/Nis)

Trans89.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya