Petani Bawang Unjuk Rasa di Dinas Pertanian Bima, Desak Bantuan Bibit Bawang Putih

07 January 2020 15:45
Petani Bawang Unjuk Rasa di Dinas Pertanian Bima, Desak Bantuan Bibit Bawang Putih
Persatuan Tani Bawang Kabupaten Bima meminta janji Dirjen Holtikultura untuk membantu bibit bawang putih bagi petani bawang Kabupaten Bima di Dinas Pertanian Bima, Kelurahan Lewirato, Kecamatan Mpunda, Kabupaten Bima, NTB. (Fajar Prasetyo/Trans89.com)

BIMA, TRANS89.COM – Unjuk rasa Persatuan Tani Bawang Kabupaten Bima diikuti sekitar 75 orang peserta aksi dipimpin Akbar, meminta janji Dirjen Holtikultura untuk membantu bibit bawang putih bagi petani bawang Kabupaten Bima di Dinas Pertanian Bima, Kelurahan Lewirato, Kecamatan Mpunda, Kabupaten Bima, Nusa Tenggara Barat (NTB), Senin (6/1/2020).

Tuntutan massa aksi, Akbar meminta Dirjen Holtikultura Kementerian Pertanian (Kemntan) segera mengalokasikan bibit bawang putih sesuai dengan janjinya kepada masyarakat Kabupaten Bima pada tanggal 5 September 2019.

“Kami petani bawang mendukung langkah Dinas Pertanian Kabupaten Bima untuk menjemput bantuan bibit bawang putih di pemerintahan pusat dan Dinas Pertanian Provinsi NTB. Mendesak Gubernur NTB untuk tidak menganaktirikan Kabupaten Bima dalam sektor pertanian khususnya bawang putih. Kami masyarakat Kabupaten Bima membutuhkan bibit bawang putih,” pinta Akbar.

Menurutnya, kami menagih janji Dirjen Holtikultura yang ingin memberikan bantuan bibit bawang putih bagi petani bawang di Kabupaten Bima. Dinas Pertanian Kabupaten Bima harus segera meminta bantuan tersebut kepada pemerintah pusat dan Pemprov NTB.

“Segera cairkan bantuan bibit bawang putih tersebut, karena petani sangat membutuhkan bantuan tersebut. Musim tanam sebentar lagi akan mulai, namun bibit tersebut hingga saat ini belum juga dicairkan,” tutur Akbar.

Mass aksi diterima Kabid Holtikultura Dinas Pertanian Kabupate Bima, Sahrial menyampaikan kalau dirinya mengerti dengan tuntutan masyarakat petani bawang putih saat ini dan sudah berkali-kali berkunjung ke Jakarta untuk melobil hal ini, namun pemerintah pusat belum juga merealisasikan.

“Saya sudah sampaikan ke pemerintah pusat bahwa Bima ini lumbung pertanian dan hasil pertanian Bima jauh lebih baik dari wilayah lain khususnya bawang putih. Tahun 2020 ini akan direalisasikan bibit bawang putih seluas 100 hektar (ha). Kami akan merekomendasikan permintaan masyarakat saat ini ke pemerintah pusat,” papar Sahrial.

Sementara Kadis Pertanian Kabupaten Bima, Indra Jaya dengan tanggapan, kami sudah upayaka pengajuan proposal ke pemerintah pusat untuk segera realisasikan bantuan tersebut.

“Apapun kebutuhan masyarakat, kami selalu mendorong pemerintah pusat untuk segera realisasikan. Tuntutan dari massa aksi saat ini akan saya laporkan ke Bupati Bima,” ujar Indra.

Program bantuan bibit bawang putih tersebut berasal dari Dirjen Holtikultura Kementan dan Dinas Pertanian Kabupaten Bima sifatnya hanya sebagai penyalur pendistribusian, namun hingga saat ini pemerintah pusat belum juga merealisasikan janji tersebut, sehingga para petani bawang melakukan aksi di Dinas Pertanian Kabupaten Bima. (Fajar/Nis)

Trans89.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya