Nasabah Bank Mandiri Unjuk Rasa, Desak Pencairan Dananya

09 January 2020 13:18
Nasabah Bank Mandiri Unjuk Rasa, Desak Pencairan Dananya
Aksi Nasabah Bank Mandiri massa nasabah berinisial Podda dipimpin Aling depan Bank Mandiri, Jalan Jenderal Sudirman, Kelurahan Pangkajene, Kecamatan Maritengngae, Kabupaten Sidrap, Sulsel. (Yudhi/Trans89.com)

SIDENRENG RAPPANG, TRANS89.COM – Nasabah Bank Mandiri unjuk rasa diikuti sekitar 200 orang massa pendukung nasabah berinisial Podda dipimpin Aling terkait pemblokiran dana Rp2 miliar milik Podda di depan Bank Mandiri, Jalan Jenderal Sudirman, Kelurahan Pangkajene, Kecamatan Maritengngae, Kabupaten Sidenreng Rappang (Sidrap), Sulawesi Selatan (Sulsel), Senin (6/1/2020).

Massa aksi menggunakan 10 kendaraan roda empat dan sekitar 50 kendaraan roda 2 dan membakar ban di jalan depan kantor Bank Mandiri Sidrap.

Orasi Aling mengatakan, kami menuntut transparansi pihak Bank Mandiri terkait kejelasan dana milik Podda yang hingga saat ini belum dikembalikan.

“Jika tuntutan tidak ditanggapi, kami siap memboikot Kantor Bank Mandiri Pangkajene, Sidrap. Diduga ada kongkalikong dari internal pihak Bank Mandiri dalam rangka penipuan nasabah, sehingga banyak dana nasabah yang hilang secara tidak jelas,” kata Aling.

Selanjutnya dilaksanakan mediasi antara pihak Bank Mandiri dengan perwakilan massa aksi, diikuti Podda dan Aling, Kapolres Sidrap AKBP Budi Wahyono, RBC Head Kanwil Robinson Simamora, Legal Head Kanwil Sulawesi Maluku Antonius Joko, Kepala Kantor Cabang Pembantu Bank Mandiri Sidrap Zainal Arifin, Kasat Intelkam Polres Sidrap Iptu Muh Soib, Danramil 1420- 03 Kapten Inf Sukardi.

Podda menuturkan, kehadiran massa di Kantor Bank Mandiri Sidrap adalah menuntut kejelasan dana sebesar Rp2 miliar rupiah di rekening istrinya Gusnani yang hingga saat ini tidak ada kejelasan dari pihak Bank Mandiri

“Dana yang disebut terkait kasus narkoba Lagu terpidana kasus narkoba di Sidrap, kami sudah koordinasikan dengan pihak Badan Nasioanl Narkotika (BNN) Provinsi Sulsel. Hasilnya, dana sekitar Rp500 juta akan ditahan sampai selesai kasus dari Lagu. Dan dana itu di rekening atas nama saya sendiri Podda,” tuturnya.

Ia menjelaskan, untuk dana Rp2 miliar di rekening istrinya, bersih dan tidak terkait dengan kasus Lagu, dimana dana di rekening istrinya tersebut merupakan salah satu dari 13 nasabah yang terkena penipuan oleh oknum Axa Mandiri. Dan saat ini 12 nasabah lain sudah menerima pengembalian dana, namun tidak untuk dana di rekening. istrinya.

“Kami sudah menyurat sekitar satu bulan yang lalu ke Bank Mandiri Kanwil Makassar terkait kejelasan dana tersebut. Namun hingga saat ini belum ada respon dari pihak Bank Mandiri. Kami akan tetap menuntut dan akan membawa massa lebih besar sampai ada kejelasan dari pihak Bank Mandiri,” jelas Podda.

Penyampaian pihak Bank Mandiri, Robinson Simamora menjelaskan, terkait surat yang dikirimkan Gusnani sudah diterima, namun butuh waktu untuk memprosesnya, karena harus dikoordinasikan ke pihak Bank Mandiri Pusat, dalam hal ini kami Bank Mandir tidak mengabaikan surat yang dikirimkan oleh pihak Podda.

“Terkait pengembalian dana, Bank Mandiri sebagai lembaga butuh verifikasi data tertentu. Dan yang menangani verifikasi tersebut adalah tim dari pusat langsung. Intinya, tim verifikasi tersebut yang akan langsung bertemu dengan Gusnani sebagai pemilik rekening,” jelasnya.

Zainal Arifin menyebutkan, pihak Cabang Bank Mandiri tidak bisa memberikan waktu pasti kapan verifikasi akan selesai karena ditangani oleh tim pusat.

“Kami akan selalu memberikan informasi terkait perkembangan penanganan dana milik istri Podda,” sebutnya.

Penyampaian Kapolres Sidrap, AKBP Budi Wahyono mengharapkan dari pihak Bank Mandiri agar lebih proaktif untuk memberikan informasi terkait perkembangan penanganan pengembalian dana.

“Hal itu agar pihak Podda dapat melihat komitmen pihak Bank Mandiri dalam menangani kasus ini,” papar AKBP Budi.

Dari 13 nasabah yang diduga mengalami penipuan oleh oknum Axa Mandiri, 12 lainnya sudah dikembalikan, namun dana milik istri Podda belum dikembalikan. Perlu adanya keterlibatan dari pihak BNNP Sulsel dalam upaya penyelesaian kejelasan dana di rekening istri Podda, jika memang tidak terlibat dalam kasus pidana narkoba Lagu, maka agar direkomendasikan untuk dikembalikan juga seperti 12 nasabah lain yang menjadi korban penipuan. (Yudhi/Nis)

Trans89.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya