Masyarakat Kwala Gebang Opening Objek Wisata Pantai Pasir Hitam di Langkat

06 January 2020 15:05
Masyarakat Kwala Gebang Opening Objek Wisata Pantai Pasir Hitam di Langkat
Lokasi objek wisata pantai pasir hitam di Desa Kwala Gebang, Kecamatan Gebang, Kabupaten Langkat, Sumut. (Heri Putra/Trans89.com)

LANGKAT, TRANS89.COM – Masyarakat Desa Kwala Gebang, Kecamatan Gebang Kabupaten Langkat, Sumatera Utara (Sumut), melakukan kegiatan pembukaan (opening) objek wisata pantai pasir hitam untuk di perkenalkan kepada wisatawan domestik (lokal) maupun wisatawan mancanegara (luar negri), Minggu (5/1/2020).

Objek wisata pantai pasir hitam ini dikelola oleh Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) JW Gebang Jaya asal Desa Kwala Gebang, Kabupaten Langkat.

Ketua KSM JW Gebang Jaya, Bustami mengatakan, pembukaan potensi objek wisata ini semata ingin membangun desa kami, terlebih lagi untuk peningkatan eknomi masyarakat setempat.

“Dengan adanya objek wisata pantai pasir hitam ini, pengunjung bisa datang, sementara masyarakat setempat bisa berjualan (berdagang), sehingga terjadi peningkatan ekonomi kerakyatan dan dapat mengurangi angka pengangguran nantinya, khususnya di desa kami,” kata Bustami yang akrab di panggil Tami.

Menurutnya, pengunjung yang datang, bisa menikmati pemandangan pantai dan ke indahan pepohonan yang rindang, serta angin yang kencang dan segar ketika pantai itu menyurut, atau tidak pasang.

Ia menjelaskan, kedepannya, objek wisata ini akan ada wisata kulinernya juga, yakni berupa makanan ikan segar yang berasal dari tangkapan nelayan setempat.

“Pengunjung juga bisa membawa pulang oleh-oleh dari ciptaan usaha masyarakat setempat, seperti ikan, udang kering dan basah, serta belacan trasi asli tanpa bahan pengawet dengan harga yang murah,” jelas Tami.

Sebelumnya, diketahui objek wisata pantai pasir hitam ini berada di pintu masuk Dusun III, Desa Kwala Gebang.

Pantai tersebut juga berada di pemukiman penduduk yang notabene sebagai nelayan tradisional.

Pengunjung bisa menikmati perjalan pantai dari Dusun III ke Dusun I dengan berjalan kaki mengarungi pasir hitam yang keras. (Heri/Nis)

Trans89.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya