Mantan Wapres Jendral TNI (Purn) Try Sutrisno Hadiri Sarasehan Wawasan Kebangsaan di Mamuju

06 January 2020 00:32
Mantan Wapres Jendral TNI (Purn) Try Sutrisno Hadiri Sarasehan Wawasan Kebangsaan di Mamuju
Acara sarasehan dengan pemateri mantan Wapres RI ke-6 yang juga saat ini Ketua DKN 45, Jendral TNI (Purn) Try Sutrisno di ruang pola lantai IV kantor Gubernur Sulbar, Jalan Abdul Malik Pattana Endeng, Kelurahan Rangas, Kecamatan Simboro, Kabupaten Mamuju. (Aaron/Trans89.com)

MAMUJU, TRANS89.COM – Acara sarasehan dengan pemateri mantan Wakil Presiden (Wapres) RI ke-6 yang juga saat ini Ketua Dewan Kehormatan Nasional (DKN) 45, Jendral TNI (Purn) Try Sutrisno dengan tema, ‘wawasan kebangsaan Dewan Harian Daerah (DHD) 45 Sulbar.’

Kegiata tersebut dihadiri sekitar 400 orang peserta di ruang pola lantai IV kantor Gubernur Sulawesi Barat (Sulbar), Jalan Abdul Malik Pattana Endeng, Kelurahan Rangas, Kecamatan Simboro, Kabupaten Mamuju, Minggu (5/1/2019).

Sambutan Sekretaris Provinsi (Sekprov) Sulbar, Muhammad Idris mengatakan, melalui sarasehan ini bisa membangun wawasan kebangsaan dan bisa menyambung silaturahmi dengan pemerintah Sulbar.

“Kehadiran Bapak Try Sutrisno di Sulbar akan membangun semangat kejuangan 45, kami akan terus menyalakan api kejuangan,” kata Idris.

Selanjutnya sambutan Ketua DKN 45, Jendral TNI (Purn) Try Sutrisno menyampaikan, dulu Bung karno pernah menyalakan semangat dengan mengucapkan salam Pancasila.

“Sampai kapanpun kita mengisi kemerdekaan, karena kita memperoleh kemerdekaan ini dengan banyak pengorbanan bahkan dengan pertumpahan darah,” papar Try.

Menurutnya, sebelum merdeka, pemuda sudah mampu merumuskan persatuan yaitu satu nusa, satu bangsa, dan satu bahasa.

“Kita punya bahasa yang bisa mempersatukan bangsa kita, yaitu bahasa Indonesia. Banyak bahasa di negara kita, tapi kita bisa bersatu dengan bahasa Indonesia,” tutur Try.

Ia menjelaskan, dengan perkembangan jaman banyak tantangan dari berbagai aspek, tapi kita harus tetap sebagai bangsa yang kuat dengan meningkatkan keimanan dan ketaqwaan.

“Mari kita bersatu, jangan pernah kendor, harus ada dorongan dari jiwa untuk membangun semangat juang. Saya bangga pada pejabat pemerintah, TNI, para pemuda-pemuda dan saudaraku yang lain, semoga Mamuju dengan pemimpin-pemimpinnya bisa semakin masyur,” jelas Try.

Sementara penyampaian materi wawasan kebangsaan tentang isi Undang-Undang Dasar (UUD) 1945 yang juga Ketua Dewan Paripurna Nasional (DPN), Jendral TNI (Purn) Agustady Sasongko Purnomo menyebutkan, amandemen empat kali UUD 1945 telah membawa dampak yang sangat besar bagi kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Amandemen 4 kali telah merubah sistem ketatanegaraan yang menyimpang dari pembukaan UUD 1945 dan Pancasila. Kaji ulang perubahan UUD 1945 adalah keharusan,” sebut Agustady.

Dirinya menyatakan, hasil kaji ulang perubahan UUD 1945 tersebut disertai adendum dan tetap merupakan bagian tak terpisahkan dari naskah UUD 1945 asli.

“Hasil kaji ulang perubahan UUD 1945 tersebut diusulkan kepada MPR secara konstitusional untuk ditindaklanjuti oleh Komisi Konstitusi yang dibentuk MPR sebagai Rancangan Undang-Undang (RUU) plus adendum,” ujar Agustady.

Lanjut Agustady, semua penyempurnaan dengan metode kaji ulang perubahan UUD 1945 tersebut mengacu kepada pembukaan UUD 1945 dan Pancasila yang merupakan abstraksi cita-cita kemerdekaan.

“Kaji ulang perubahan UUD 1945 adalah suatu kebutuhan yang mendesak dan penting. Upaya itu ditempuh apabila terjadi situasi hal yang tidak diinginkan. Bangsa Indonesia sudah siap dengan perangkat hukumnya yaitu hasil kaji ulang perubahan UUD 1945 disertai adendum apabila amandemen UUD 1945 tersebut terus dipertahankan,” tambah Agustady.

Hadir digiat tersebut, Wakil DKN 45 Jendral TNI (Purn) Widjojo Sudjono, Gubernur Sulbar Ali Baal Masdar, Kepala BNN Provinsi Sulbar Brigjen Pol Kennedy, Danrem 142/Tatag Kolonel Inf Eventius Teddy Danarto, Kajati Sulbar Darmawel Aswar, Dandim 1418/Mamuju Kolonel Inf Suyitno, Kapolresta Mamuju AKBP Minarto, Danlanal Mamuju Letkol Marinir La Ode Jimmy Herizal, Raja Mamuju Andi Maksum Dai dan tamu undangan lainnya. (Aaron/Nis)

Trans89.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya