Malam Tahun Baru Sungai Kedungpring di Gresik Meluap, Rendam Jalan dan Pemukiman Warga

01 January 2020 12:48
Malam Tahun Baru Sungai Kedungpring di Gresik Meluap, Rendam Jalan dan Pemukiman Warga
Bencana banjir akibat meluapnya sungai Kedungpring diwilayah Kecamatan Balongpanggang, Kabupaten Gresik, Jatim. (Awin D/Trans89.com)
.

GRESIK, TRANS89.COM – Di malam pergantian tahun baru, bencana banjir akibat meluapnya sungai Kedungpring diwilayah Kecamatan Balongpanggang, Kabupaten Gresik, Jawa Timr (Jatim), Selasa (31/12/2019) malam.

Kejadian bermula hujan deras selama 2 hari berturut-turut di wilayah Kecamatan Balongpanggang, Gresik, sehingga pukul 22.00 WIB, debet air sungai Kedungpring mulai meluap sehingga menggenangi area sekitar sungai.

Adapun dampak meluapnya sungai Kedungpring di Dusun Mojolebak, Desa Mojogede dengan ketinggian air 30 centimeter (cm) menggenangi jalan desa dan 20 warga sekitar 10 cm.

Dusun Kedungrukun, Desa Kedungpring ketinggian air 30 cm menggenangi jalan desa dan 15 rumah penduduk diseputaran sungai dengan ketinggian 10 cm, termasuk halaman kantor Koramil 0817/09 Balongpanggang dengan ketinggian air 10 cm.

Hingga pukul 24.00 WIB, debet air dari sungai Kedungpring masih terus meningkat.

Tidak ada korban jiwa akibat meluapnya sungai Kedungpring, namun jalan desa dan sebagian pemukiman warga tergenang air.

Situasi wilayah yang lain di Kecmatan Balongpanggang, khususnya perkembangan di area seputaran sungai Kali Lamong, debet air sampai saat ini terus meningkat dan diperkirakan air sungai akan meluap ke pemukiman dan persawahan di bantaran sungai.

Kondisi saat ini masyarakat Desa Ngampel, Dapet, Sekarputih, Wotansari, Banjaragung dan Pucung, Kecamatan Balongpanggang, Gresik, sudah mulai siaga banjir dengan memantau perkembangan ketinggian air. (Awin/Nis)

Trans89.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya