KAMMI dan HMI Unjuk Rasa di Tugu Zapin dan Kanwil Kemenkumham Riau Bela Etnis Uighur

31 December 2019 21:13
KAMMI dan HMI Unjuk Rasa di Tugu Zapin dan Kanwil Kemenkumham Riau Bela Etnis Uighur
Aksi Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI) dan Himpunan Mahasiswa islam (HMI) Riau berlangsung di Tugu Zapin dan Kanwil Kemenkumham Riau, Jalan Jenderal Sudirman, Kota Pekanbaru. (Tony Wijaya/Trans89.com)
.

PEKANBARU, TRANS89.COM – Unjuk rasa Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI) dan Himpunan Mahasiswa islam (HMI) Riau diikuti sekitar 70 orang peserta aksi dengan koordinator lapangan (Korlap) Septian Hadi,

Aksi KAMMI dan HMI terkait isu etnis Uighur di Xinjiang China, berlangsung di Tugu Zapin dan Kantor Wilayah (Kanwil) Kemeneterian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Riau, Jalan Jenderal Sudirman, Kota Pekanbaru, Senin (30/12/2019).

Massa aksi membawa spanduk dan poster bertuliskan, kami peduli Uighur, seruan aksi solidaritas bela Uighur, bebaskan Uighuar stop genosida. Tegakkaan HAM di Uighur, Rohingya, Palestina, Suriah dan lain-lain, KAMMI dan HMI kami menuntut.

Tuntutan massa aksi, Septian Hadi meminta pemerintah Indonesia untuk mendesak pemerintah China membuka seluas-luasnya informasi terkait yang sedang terjadi di Uighur.

“Kami meminta pemerintah Indonesia untuk menindaklanjuti segala bentuk aspirasi dari HMI Riau-Kepri dan KAMMI Wilayah Riau untuk bersikap lebih tegas dalam upaya menghentikan segala bentuk pelanggaran HAM yang terjadi di Xinjiang China. Mendesak kepada PBB untuk segera mengeluarkan resolusi terkait pelanggaran-pelanggaran HAM yang terjadi di Uighur, Rohingya, Palestina, Suriah dan sebagainya,” kata Septian.

Massa aksi meninggalkan Tugu Zapin dan langsung menuju Kanwil Kemenkumham Riau menyampaikan tuntutan yang sama.

Pengunjuk rasa diterima Julianto Budhi Prasetyono dengan tanggapan, kami dari Kemenkumham mengucapkan terimakasih kepada adik-adik sekalian.

“Aspirasi adik-adik akan kami sampaikan kepimpinan atas dan ini juga menjadi tanggungjawab kita bersama,” ujar Julianto. (Tony/Nis)

Trans89.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya