Kadis Perindag Kota Padang Menyatakan Akan Mngosongkan Jalan Sandang Pangan, IPK Aksi di Kantor DPRD

31 December 2019 09:45
Kadis Perindag Kota Padang Menyatakan Akan Mngosongkan Jalan Sandang Pangan, IPK Aksi di Kantor DPRD
Aksi Ikatan Pedagang Kecil (IPK) Kota Padang di kantor DPRD, Jalan Sawahan, Kota Padang, Sumbar. (Desmon/Trans89.com)
.

PADANG, TRANS89.COM – Unjuk rasa sekitar 75 orang peserta aksi dari Ikatan Pedagang Kecil (IPK) Kota Padang dipimpin Momon dengan tuntutan menolak pengusuran pedagang sandang pangan di Pasar Raya berlangsung di kantor DPRD, Jalan Sawahan, Kota Padang, Sumatera Barat (Sumbar), Senin (30/12/2019).

Aksi unjukrasa tersebut dilakukan karena adanya statemen dari Kepal Dinas (Kadis) Perindustrian dan Perdagangan (Perindag) Kota Padang pada hari Sabtu 28 Desember 2019 pada beberapa media yang menyatakan akan mengosongkan Jalan Sandang Pangan Pasar Raya dari pedagang kecil.

Massa aksi IPK bergerak menuju ke Gedung DPRD Kota Padang dengan longmarch melalui rute Jalan Sandang Pangan – Jalan Pasar Baru – Simpang Bank Mandiri – Jalan Sawahan – Gedung DPRD Kota Padang.

Perwakilan massa pengunjukrasa diterima Ketua DPRD KOta Padang Syafrial Kani bersama anggota DPRD lainnya.

Ketua IPK Pasar Raya Kota Padang, Ramli mengatakan, kami menolak penggusuran yang dilakukan oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Padang.

“Menuntut melalui DPRD Kota Padang agar mencabut Peraturan Walikota (Perwakot) Nomor 3 tahun 2014, karena tidak sesuai dengan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 125 Tahun 2012,” kata Ramli.

Menurutnya, IPK Kota Padang menolak penggusuran pedagang kaki lima (PKL) yang berjualan di jalan Sandang Pangan.

“Saya selaku Ketua IPK tetap mempertahankan PKL yang berjualan di jalan Sandang Pangan tanpa membeda-bedakan siapapun yang berjualan. Kami ingin Pemkot dan DPRD Kota Padang jelaskan Perpres 125 tahun 2012, sesuai dengan regulasi dimana kami harus berdagang,” tutur Ramli.

Tanggapan Ketua DPRD Kota Padang, Syafrial Kani menyampaikan, bahwa aspirasi dari IPK Pasar Raya Padang akan kami tindaklanjuti.

“Kami menerima aspirasi IPK dan dalam waktu dekat kami akan panggil pihak terkait tersebut,” papar Syafrial. (Desmon/Nis)

Trans89.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya