Pelantikan Pengurus KNPI Mimika Masa Bakti Periode 2019-2022

30 December 2019 00:53
Pelantikan Pengurus KNPI Mimika Masa Bakti Periode 2019-2022
Pelantikan DPD KNPI Mimika masa bakti periode 2019-2022 di Gedung Tongkonan, Jalan Samratulangi, Distrik Wania, Kabupaten Mimika, Papua. (Hanung/Trans89.com)

MIMIKA, TRANS89.COM – Pelantikan Dewan Pengurus Daerah (DPD) Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Mimika masa bakti periode 2019-2022 dengan tema, ‘satukan Pemuda bangun Mimika’, dihadiri peserta dan tamu undangan sekitar 250 orang di Gedung Tongkonan, Jalan Samratulangi, Distrik Wania, Kabupaten Mimika, Papua, Jumat (27/12/2019).

Rombongan Wakil Bupati (Wabup) Mimika Johannes Rettob bersama Ketua DPD KNPI Provinsi Papua tiba halaman Gedung Tongkonan disambut dengan tarian adat suku Kamoro serta bunyi suara petasan menandakan bahwa pemuda siap bersatu membangun Kabupaten Mimika.

Laporan Ketua Panitia Pelaksana, Adam Waluyo mengatakan, dasar pelaksanaan pelantikan adalah anggaran dasa dan rumah tangga (AD/ART) dan peraturan organisasi KNPI, smentara sumber dana berasal dari Pemda Mimika dan para donatur.

“Saya selaku panitia mengucapkan terimakasih atas terselenggaranya kegiatan ini. Saya berharap para pengurus yang akan dilantik merapatkan barisan untuk kemajuan organisasi kedepan,” kata Adam.

Kemudian pembacaan ikrar pemuda dilanjutkan dengan penyerahan bendera Pataka KNPI, pembacaan lampiran naskah surat keputusan (SK) DPD KNPI Provinsi Papua tertanggal 10 Desember 2019 bernomor 15/KPPS/DPD KNPI/Papua/XII/2019 tentang pengesahan komposisi pengurus DPD KNPI Kabupaten Mimika periode 2019-2022 sebanyak 190 orang oleh Sekretaris DPD KNPI Provinsi Papua, Mohammad Umar S Reliubun.

Pengucapan sumpah janji jabatan pengurus DPD KNPI Kabupaten Mimika dilanjutkan dengan prosesi pelantikan dan penyerahan panji kebesaran KNPI oleh Ketua DPD KNPI Provinsi Papua, Alberto G Wanimbo.

Sambutan Ketua DPD KNPI Mimika, Michael R Gomar mengucapkan terimakasih kepada Ketua DPD KNPI Provinsi Papua yang telah membantu proses pelaksanaan rapat pimpinan dan juga musyawarah daerah (Musda), sehingga akhirnya kami pengurus DPD KNPI Mimika hari ini telah dilantik secara sah untuk melanjutkan tongkat estafet organisasi kepemudaan yang mempunyai marwah dan jati diri pemuda sebagai payung untuk menghimpun seluruh organisasi-organisasi kepemudaan di Kabupaten Mimika.

“Seluruh kegiatan kepemudaan yang telah dilaksanakan para pengurus lama akan kami teruskan dan tingkatkan serta laksanakan untuk membangun pemuda-pemudi di Kabupaten Mimika,” ucap Michael.

Dirinya juga menyampaikan terimakasih kepada seluruh organisasi kepemudaan (OKP) yang ada di Kabupaten Mimika yang telah memberikan dukungan, baik dari OKP Cipayung, partai politik (Parpol), Nahdatul Ulama (NU) dan Muhammadiyah di Mimika yang telah memberikan kepercayaan dan tanggungjawab kepada kami untuk memimpin KNPI Mimika selama 3 tahun kedepan.

“Tentu ini menjadi tantangan dan tanggungjawab besar yang tidak mungkin bisa kami laksanakan sendiri, akan tetapi kami juga tetap laksanakan koordinasi dengan pemerintah daerah sebagai mitra kritis,” papar Michael.

Menurutnya, KNPI sebagai organisasi mitra kritis pemerintah akan mendukung program dan visi misi Bupati-Wakil Bupati Mimika, namun selain itu, juga berperan memberikan masukan bersifat konstruktif dalam rangka membangun pemuda-pemudi di Kabupaten Mimika.

“Kami juga akan membangun kolaborasi program dengan TNI/Polri untuk kegiatan-kegiatan kepemudaan dan juga dengan stakeholder yang ada di Kabupaten Mimika. Kami pengurus DPD KNPI Mimika akan berbuat yang terbaik dan menjadi contoh bagi KNPI di seluruh Provinsi Papua,” tutur Michael.

Selanjutnya sambutan Ketua DPD KNPI Provinsi Papua, Alberto G Wanimbo menjelaskan, pada dasarnya, semua merindukan keberadaan pengurus definitif DPD KNPI Mimika sebagai mitra strategis pemuda di Kabupaten Mimika.

“Saya ingin sampaikan, bahwa hal-hal berkaitan dengan kepentingan pemuda tidak perlu berbelit-belit dan panjang birokrasinya,” jels Alberto.

Ia menyebutkan, setelah proses pemilihan Ketua DPD KNPI Mimika dilaksanakan, maka kami langsung keluarkan SK pelantikan, dan itu berlaku diseluruh tanah Papua, sebab jika tidak segera dilakukan, maka kami tidak akan terorganisir dengan baik.

“Harapan saya kedepan, pemuda menjadi harapan bangsa. Untuk itu tetap lakukan koordinasi, sinergitas dengan unsur stakholder yang ada, karena itu sangat penting. Saya berpesan, agar pemuda bersatu, tidak boleh ada perbedaan,” sebut Alberto.

Alberto berharap kepada ketua dan pengurus yang baru dilantik tetap merangkul semua kepentingan pemuda di Tanah Amungsa ini. Apabila ada beda pandangan, ajak diskusi untuk mencari jalan keluar terbaik.

“Saya menghimbau agar tetap mendukung semua program Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mimika, melakukan sinergitas dengan pimpinan TNI/Polri di Kabupaten Mimika dan menjaga keamanan serta kedamaian di tanah Amungsa ini,” harapnya.

Lamjut Alberto, KNPI harus bisa merangkul semua pihak dibawah naungan KNPI untuk menangkal semua paham-paham radikalisme.

“Kita baru saja menandatangani fakta relawan PON dan mengikuti rapat bersama Bapak Gubernur Papua, Bupati Mimika dan Sub PB PON yang ada di Kabupaten Mimika, bahwa dalam waktu dekat kami akan membentuk tim di provinsi. Baru setelah itu, kami akan datang melakukan diskusi dengan pihak DPD KNPI Mimika dan juga Sub PB PON Mimika,” tambahnya.

Terakhir sambutan Wabup Mimika, Johannes Rettob mengucapkan atas nama Bupati Mimika selamat kepada semua pengurus yang baru saja dilantik. Dan berharap para pengurus yang baru dilantik dapat memegang teguh kepercayaan yang telah diberi untuk menjalankan tugas dan fungsinya masing-masing.

“Kami meyakini sebuah kepercayaan kepada pemuda, karena pemuda adalah ujung tombak pembangunan. Saya berharap, KNPI tetap bersatu dalam kebersamaan dan tetap terus dipertahankan hingga akhir masa jabatan selesai,” ucap Johannes.

Wabup menjelaskan, pengurus yang baru dilantik diharapkan dapat bekerja dengan serius, meningkatkan visi misi terbaik guna menjadikan organisasi KNPI lebih maju kedepan, mengajak KNPI untuk mau duduk bersama menyelesaikan semua permasalahan yang ada di Kabupaten Mimika.

“KNPI silahkan bekerjasama dengan kami, menyiapkan folentir yang dibutuhkan, bila perlu kita buat Memorandum of Understanding (MoU) dengan Sub PB PON serta Pesta Paduan Suara Gerejawi (Pesparawi). Kegiatan berskala nasional seperti PON dan Pesparawi, dimana terkhusus kegiatan Pesparawi yang diselenggarakan di Kabupaten. Mimika merupakan kegiatan Perparawi tanah Papua yang skalanya jauh lebih besar dari Pesparawi tingkat Nasional,” jelas Johannes.

Johannes menungkapkan, untuk kegiatan Pesparawi tingkat nasional sebanyak 34 provinsi dikali 300 orang, maka jumlah itulah yang akan hadir mengikuti lomba Pesparawi.

“Nanti di Kabupaten Mimika akan diikuti 42 kabupaten/kota dikalikan 300 perkabupaten. Dari segi kualitas, Provinsi Papua dan Papua Barat paling banyak memegang piala bergilir. Saya mengajak semua pihak mari bersama-sama bersatu membangun Kabupaten Mimika,” sebut Wabup Johannes.

Hadir di kegiatan tersebut, Ketua Umum (Ketum) Dewan Pimpinan Pusat (DPP) KNPI Noer Fajrieansyah, Kapolres Mimika AKBP I Gusti Gde Era Adhinata, Danstrad 243 Mimika Letkol Adi Siswanto, Kasdim 1710/Mimika Mayor Inf Ginting, Wadanyon Brimob Mimika AKP Ramadhona, Majelis Pemuda Indoesia yang juga Anggota DPRD Mimika Roby K Omaleng dan Herman Gafur, Ketua FKUB Mimika Ignasius Adii. (Hanung/Nis)

Trans89.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya