Walikota Lantik Pengurus FPK Kota Depok Masa Bakti Periode 2019-2024

27 December 2019 02:14
Walikota Lantik Pengurus FPK Kota Depok Masa Bakti Periode 2019-2024
Pelantikan pengurus Forum Pembauran Kebangsaan (FPK) Kota Depok periode Tahun 2019-2024 di gedung Dwidjo Soewedjo Hotel Bumi Wiyata, Jalan Margonda Raya, Kota Depok, Jabar. (Andre Handrianto/Transn89.com)
.

DEPOK, TRANS89.COM – Pelantikan pengurus Forum Pembauran Kebangsaan (FPK) Kota Depok periode Tahun 2019-2024 dilaksanakan Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Depok, dihadiri sekitar 200 orang peserta dan tamu undangan di gedung Dwidjo Soewedjo Hotel Bumi Wiyata, Jalan Margonda Raya, Kota Depok, Jawa Barat (Jabar), Kamis (26/12/2019).

Sambutan Walikota Depok, KH Muhammad Idris sekaligus melantik pengurus FPK Kota Depok, E Manesa Boy sebagai Ketua FPK Kota Depok periode 2019-2024 mengatakan, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) mempunyai ciri khas yaitu keberagaman suku bangsa, budaya, agama dan ras yang menghuni dan tersebar di berbagai wilayah nusantara.

“Kebhinekaan tersebut berpengaruh terhadap perkembangan kehidupan berbangsa dan bernegara di masa lalu dan masa kini serta masa yang akan datang,” kata Idris.

Menurutnya, pembauran kebangsaan sangat penting dari kerukunan nasional dan upaya meningkatkan persatuan serta kesatuan bangsa dalam mendorong terwujudnya pembauran kebangsaan guna memperkokoh integritas nasional.

“FPK sebagai wadah informasi, komunikasi, konsultasi dan kerjasama antara warga masyarakat yang terdiri dari suku, etnis yang diarahkan untuk menumbuhkan, memantapkan dan mengembangkan untuk mewujudkan kebangsaan Indonesia tanpa harus menghilangkan indentitas ras, suku dan etnis masing-masing dalam kerangka NKRI,” tutur Idris.

Ia menyampaikan, melalui FPK ini, diharapakan akan mampu menumbuhkan, mengembangkan keharmonisan saling menghargai, saling menghormati dan saling mempercayai diantara warga masyarakat.

“Hal itu guna terciptanya ketentraman dan ketertiban masyarakat,” papar Idris.

Sementara Ketua FPK KOta Depok terpilih, E Manesa Boy mengucapkan terimakasih kepada Walikota yang telah melantik pengurus FPK Kota Depok.

“FPK sangat mengharap bimbingan kepada Bapak Walilkota Depok dalam menjaga kerukunan ras, etnis yang ada di Kota Depok,” ucap Manesa.

Selanjutnya pembacaan ikrar FPK, kami FPK Kota Depok yang berkekuhanan yang Maha Esa dengan ini berikrar, siap menjaga dan mempertahanakan Pancasila sebagai satu-satunya ideologi bangsa dan Bendera Merah Putih sebagai bendera negara Indonesia. Siap menjaga dan melaksanakan amanat Undang-Undang Dasar (UUD) 1945, siap menjaga dan mempertahankan keutuhan NKRI. Siap menjungjung tinggi Bhineka Tunggal Ika dalam kehidupan berbangsa dan bernegara Republik Indonesia (RI). Siap menolak segala bentuk kelompok dan paham radikalisme. Siap terlibat aktif untuk memperjuangkan kehidupan publik yang menghormati demokrasi, baik hak dan kesetaraan setiap warga negara didalam perlakuan hukum, menghormati setiap keberagaman serta terciptanya keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. Siap menjaga perdamaian di sepanjang Tanah Air Indonesia, tidak mudah terpancing segala bentuk Sara yang mengancam keutuhan bangsa. Siap memperkuat jati diri sebagai FPK yang memiliki tanggungjawab membangun Indonesia khususnya Kota Depok hari ini dan selama-lamanya. (Andre/Nis)

Trans89.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya