Kelompok Tani Berjuang Murni Deli Serdang Unjuk Rasa di Kantor Gubernur Sumut, Ini Tuntutannya

24 December 2019 02:32
Kelompok Tani Berjuang Murni Deli Serdang Unjuk Rasa di Kantor Gubernur Sumut, Ini Tuntutannya
Aksi Kelompok Tani Berjuang Murni Marendal I Kecamatan Patumbak, Kabupaten Deli Serdang depan Kantor Gubernur Sumut, Jalan pangeran Diponegoro, Kota Medan. (Rikki/Trans89.com)

MEDAN, TRANS89.COM – Sekitar 200 orang dipimpin Johan Merdeka dan Tao Mindoana Br Simamora dari Kelompok Tani Berjuang Murni Marendal I Kecamatan Patumbak, Kabupaten Deli Serdang unjuk rasa depan Kantor Gubernur Sumater Utara (Sumut), Jalan pangeran Diponegoro, Kota Medan, Senin (23/12/2019).

Massa aksi membawa spanduk dan poster bertuliskan, kami masyarakat Marendal I Kecamatan Patumbak menolak keras pembangunan Taman Botanical Garden. Sudah ada kami warga Marendal I Kecamatan Patumbak sebelum ada rencana Taman Botanical Garden. Mau kemana anak anak kami tinggal kalau tempat tinggal kami dijadikan Taman Botanical Garden.

Tuntutan massa aksi, Johan Merdeka menolak pembangunan Taman Botanical Garden seluas sekitar 200 Hektar (Ha) yang akan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut di atas lahan dan rumah masyarakat yang sudah menjadi pemukiman penduduk di Desa Marindal I, Kecamatan Patumbak, Kabupaten Deli Serdang.

“Itu tidak mencerminkan rasa kemanusiaan yang adil dan beradab sesuai dengan Pancasila dan UUD 1945. Menolak ganti rugi di atas tanah dan rumah yang sudah menjadi pemukiman penduduk,” tolak Johan.

Ia meminta tinjau ulang atas objek tanah yang akan dibangun Taman Botanical Garden di Desa Marendal I dan alihkan program taman Botani tersebut ke objek tanah yang berstatus Hak Guna Usaha (HGU) bukan berstatus eks HGU.

“Distribusikan tanah eks HGU PT Perkebunan Nusantara (PTPN) II kepada rakyat sesuai dengan program Bapak Presiden Jokowi 9 juta hektar kepada rakyat,” pinta Johan.

Massa aksi diterima Kepala Bagian (Kabag) Fasilitasi Pertanahan Sekreatariat Provinsi (Setprov) Sumut, Ngadimin menjelaskan, bahwa Taman Botanical Garden merupakan program dari Gubernur Sumut, selanjutnya tanah yang ditempati oleh warga Marendal I, Kecamatan Patumbak, tidak akan dimasukkan dalam Taman Botanical Garden.

“Itu semakin cepat pengukuran yang dilakukan oleh Badan Pertanahan Nasional (BPN), maka semakin cepat proses peta denah lokasi yang akan dijadikan Taman Botanical Garden,” jelas Ngadimin.

Empat orang perwakilan massa yakni Johan Merdeka, Tao Mindoana Br Simamora, Simanungkalit dan J Sitohang diterima diruang kerja Kabag Fasilitasi Pertanahan Setprov Sumut, Ngadimin dan menerima aspirasi dari pengunjuk rasa. (Rikki/Nis)

Trans89.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya