Rumah Tidak Layak Huni di Langkat Rubuh Akibat Intensitas Hujan Tinggi

17 December 2019 23:18
Rumah Tidak Layak Huni di Langkat Rubuh Akibat Intensitas Hujan Tinggi
Tokoh Pemuda Tanjung Pura, Mauliddin saat bersalaman dengan pemilik rumah rang rubuh di Dusun Harapan Gang Tani, Desa Pematang Tengah, Kecamatan Tanjung Pura, Kabupaten Langkat, Sumut. (Heri Putra/Trans89.com)
.

LANGKAT, TRANS89.COM – Tokoh Pemuda Tanjung Pura, Mauliddin sambangi rumah milik warga yang rubuh pada Hari Minggu pagi 15 Desember 2019 di Dusun Harapan Gang Tani, Desa Pematang Tengah, Kecamatan Tanjung Pura, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara (Sumut), Selasa (17/12/2019).

Rumah tersebut merupakan milik Poniman (61) dan istrinya Masni (64). Mereka tinggal dirumah berukuran 6 meter (M) X 7,5 M dengan lantai semen pecah bersama anak dan cucunya.

Informasi dirangkum wartawan di lapangan, pemicu runtuhnya rumah tersebut, akibat turunnya hujan pada pagi itu yang menyebabkan atap rumah yang terbuat dari rumbia menjadi lembab (basah), sehingga beban atap bertambah berat sehingga tidak mampu menahan galang dan rangka atap rumah yang lapuk merubuhkan diding rumah yang ada terbuat dari tepas bambu.

Untung saja peristiwa itu tidak memakan korban jiwa, padahal saat itu terdapat 5 orang yang tertidur pulas, termasuk seorang balita yang merupakan cucu dari pemilik rumah tersebut.

Menurut Poniman, yang akrab dipanggil Zenda mengatakan, pada pukul 5 pagi itu, rangka atap sudah bersuara patah di bagian belakang dari bangunan rumah.

“Saya kemudian bangunkan anak dan cucu saya agar keluar rumah. Sekira 2 jam kemudian, rumah saya rubuh. Runtuhnya rumah disaat hujan pagi itu cukup deras,” tutur Zenda.

Zenda mengungkapkan, dirinya sangat berterima kasi kepada Tokoh Pemuda Tanjung Pura, Mauliddin yang telah sudi kiranya datang kekediamannya.

“Saya berterimakasih yang sebesar-besarnya kepada Bapak Muliddin yang telah sudi kiranya datang untuk meringankan beban keluarga kami. Semoga niat baik Bapak Muliddin menjadi amal ibadahnya dan di berikan kesehatan, sehingga dimudahkan dengan segala urusannya, Amin. Terima kasih saya juga kepada pemerintahan desa, Pkecamatan yang turut membantu kami,” ungkap Zenda.

Terpisah, hal senada disampaikan Pelaksanatugas (Plt) Kepala Desa (Kades) Pematang Tengah, Ismanuddin ucapkan terimakasih kepada Mauliddin yang telah membantu pembangunan rumah warganya.

“Terimaksih kepada Bapak Mauliddin yang telah membantu warga saya, hanya Allah-lah yang dapat membalas segala kebaikannya,” ucapnya. (Heri/Nis)

Trans89.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya