Kades Makuang Aktif Awasi Pembangunan, Lolong: Harap Perhatian Pemkab Mamasa Percepat Pembangunan di Makuang

13 December 2019 17:02
Kades Makuang Aktif Awasi Pembangunan, Lolong: Harap Perhatian Pemkab Mamasa Percepat Pembangunan di Makuang
Kades Makuang, Lolong aktif awasi pembangunan di desanya seperti pengecoran jalan di Dusun Balla, Desa Makuang, Kecamatan Messawa, Kabupaten Mamasa, Sulbar. (Andi Waris Tala/Tadius Sarrin/Trans89.com)

MAMASA, TRANS89.COM – Kepala Desa (Kades) Makuang, Lolong dalam setiap kegiatan di desanya tidak pernah absen.

Dirinya selalu aktif mendampingi warganya dalam setiap pelaksanaan kegiatan kekerjaan di desa seperti pembuatan jembatan, peningkatan jalan dari dusun ke dusun serta kegiatan lainnya.

Saat ditemui, Kades Makuang tengah serius bersama warganya melaksanakan pengecoran jalan di Dusun Balla, Desa Makuang, Kecamatan Messawa, Kabupaten Mamasa, Sulawesi Barat (Sulbar), Jumat (13/12/2019).

Lolong mengatakan, dirinya selaku Kades tidak mau kecolongan jika ada kegiatan di desa. Kecolongan yang dimaksud Kades Makunag, yakni dirinya tidak menerima pekerjaan asal-asalan.

“Selaku Kades, saya tetap berusaha meluangkan waktu untuk mengawasi langsung proses pelaksanaan kegiatan,” kata Lolong.

Menurutnya, hal tersebut dilakukan Kades Makuang, sebab apapun yang terjadi didesanya sehubungan dengan pelaksanaan kegiatan yang di biayai oleh Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD) merupakan tanggungjawabnya selaku Kades dan pengguna anggaran (PA).

“Itu untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, sehingga saya langsung terjun mengawasi segala proses pembangunan di desa yang saya pimpin,” tutur Lolong.

Dirinya juga berupaya sebelum masa periodenya berakhir di Tahun 2023, perbaikan jalan dari dusun ke dusun di Desa Makuang rampung.

“Selain jalan-jalan dusun, saya juga berupaya agar layanan air bersih dapat menjangkau seluruh warga yang ada di Desa Makuang,” ujar Lolong.

Ia menyampaikan, dalam melaksanakan tugasnya selaku Kades, peran Pers dan LSM sangat dibutuhkan untuk mengontrol jalannya proses pembangunan dan pelayanan di Desa Makuang.

“Kami sangat beryukur, ketika ada kekeliruan langsung di tegur. Hal itu dimaksudkan agar apa yang dianggap keliru, sesegera mungkin kami perbaiki, agar tidak menimbulkan kerugian bagi masyarakat,” papar lolong.

Lolong yang sudah menjabat dua periode selaku Kades Makuang ini mengakui masih sangat banyak hal yang harus di benahi di desanya.

“Untuk itu, selain ADD/DDS, saya berharap perhatian Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mamasa untuk mempercepat proses pembangunan di Desa Makuang melalui kucuran Dana Alokasi Umum (DAU) atau semacamnya,” imbuhnya. (AWT/Tadius/Nis)

Trans89.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya