AMM Unjuk Rasa di Kejari Mamasa, Erianto: Kondisi SDM Jaksa di Kejari Mamasa Sangat Terbatas

10 December 2019 01:11
AMM Unjuk Rasa di Kejari Mamasa, Erianto: Kondisi SDM Jaksa di Kejari Mamasa Sangat Terbatas
Aksi Aliansi Masyarakat dan Mahasiswa (AMM) peringati Hari Anti Korupsi se-Dunia berlangsung di Simpang Lima dan Kantor Kejari Mamasa, Kabupaten Mamasa, Sulbar. (Jo Alexander/Trans89.com)
.

MAMASA, TRANS89.COM – Sekitar 50 orang Aliansi Masyarakat dan Mahasiswa (AMM) dipimpin Tambrin peringati Hari Anti Korupsi se-Dunia berlangsung di Simpang Lima dan Kantor Kejari Mamasa, Kabupaten Mamasa, Sulawesi Barat (Sulbar), Senin (9/12/2019).

Massa aksi membawa spanduk bertuliskan, Aliansi Masyarakat dan Mahasiswa Mamasa, usut tuntas kasus korupsi, mendesak Kajari Mamasa menegakkan supremasi hukum.

Orasi Tambrin mengatakan, Aliansi Mahasiswa dan Masyarakat meminta kepada Kejaksaan Negeri (Kejari) Mamasa untuk tidak tutup mata terhadap kondisi pemberantasan korupsi yang terus dikebiri dan tidak ada penyelesaian sampai saat ini.

“Realitas hari ini, jutaan rakyat Indonesia yang direnggut kesejahteraannya oleh oknum elit yang menggorogoti uang rakyat, termasuk di Kabupaten Mamasa, sehinnga tepatnya 9 Desember adalah hari momentum dalam memperingati hari anti korupsi sedunia kita peringati bersama, termasuk di bumi pertiwi yang kita cinta secara khusus di Kabupaten Mamasa sebagai bentuk panggilan hatı nurani dalam perlawanan terhadap kejahatan korupsi,” kata Tambrin.

Menurutnya, tindakan korupsi adalah kejahatan yang bejat, dimana uang rakyat digunakan untuk kepentingan pribadi, golongan, sehingga sangat mencederai konstitusi kita amanah Undang-Undang Dasar (UUD) 1945 dan Undang-undang No 28 tahun 1999 tentang penyelengaraan negara yang bersih dan bebas dari korupsi, kolusi, dan nepotisme.

“Bumi pertiwi yang kita cintai menangis melihat kondisi bangsa ini yang semakin banyak kasus korupsi yang tak kunjung hentinya, namun malah menjadi subur. Kenyataannya, masih banyak penyelewengan-penyelewengan dan tindakan korupsi yang sampai hari ini belum di tuntaskan, salah satu contoh di daerah Kabupaten Mamasa. Banyaknya dugaaan kasus korupsi yang sudah lama bergulir di tingkatan penegak hukum wilayah Kabupaten Mamasa dalam hal ini Kejari Mamasa yang tak kunjung menuai titik terang,” tutur Tambrin.

Selanjutnya massa ke kantor Kejri Mamasa, Jalan Rantekatuan, Desa Osango, Kabupaten Mamasa, diterima langsung Kajari Mamasa, Erianto Paundanan dengan tanggapan, kehadiran Aliansi Mahasiswa dan Masyarakat Kabupaten Mamasa merupakan bentuk kepedulian demi pembangunan daerah yang lebih baik.

“Atas nama pimpinan Kejaksaan, baik di pusat maupun Kabupaten Mamasa, terimakasih atas kehadirannya dalam rangka bersilaturahmi dan bersinergi dalam upaya pemberantasan korupsi,” ujar Erianto.

Ia menjelaskan, kehadiran Kejaksaan sebagai salah satu aparat penegak hukum di Kabupaten Mamasa siap menjalankan tugas sesuai tupoksi, terutama dalam penanganan kasus korupsi.

“Olehnya itu, informasi yang telah masuk di Kejari Mamasa selalu diproses sesuai mekanisme dan aturan yang ada,” jelas Erianto.

Dirinya jug meminta agar ke depan massa aksi ikut serta memberikan informasi berupa data dan alat bukti, supaya kasus yang bergulir bisa mengarah untuk proses lebih lanjut.

“Kondisi SDM Jaksa di Kejari Mamasa sangat terbatas, yaitu hanya ada 4 Jaksa yang ada dan bekerja sesuai skala prioritas. Partisipasi generasi muda yang mendambakan keadilan sangat diharapkan demi membangun daerah Kabupaten Mamasa ke arah yang lebih baik,” urai Erianto.

Erianto menyebutkan, dari sekian banyak kasus permasalahan yang masuk dan sedang ditangani Kejari Mamasa, akan sesegera mungkin kami tuntaskan sesuai proses prosedur dan tahap penyelesaian dengan mempertimbangkan skala prioritas suatu masalah yang mengarah ke tindak pidana korupsi (Tipikor).

“Mengenai kasus pengadaan bibit kopi, pada awalnya ditangani oleh Kejati Sulselbar. Karena ada pemisahan Kejati, maka kasus tersebut telah dilimpahkan penanganannnya ke Kejati Sulbar,” sebut Erianto. (Jo/AWT/Nis)

Trans89.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya