Sambut Tim Surveyor Akreditasi Puskesmas Pasangkayu, Pemda Siap Terima Masukan

09 December 2019 21:03
Sambut Tim Surveyor Akreditasi Puskesmas Pasangkayu, Pemda Siap Terima Masukan
Pemda Kabupaten Pasangkayu saat menggelar acara penyambutan Tim Surveyor Akreditasi Puskesmas dari Kemenkes RI di halaman Puskesmas Pasangkayu II di Kelurahan Martajaya, Kabupaten Pasangkayi, Sulbar. (Andis/Trans89.com)
.

PASANGKAYU, TRANS89.COM – Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Pasangkayu menyambutan kedatangan Tim Surveyor Akreditasi Puskesmas dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI.

Penyambutan ditandai dengan pengalungan sarung oleh Kadis Penanaman Modal dan Perijinan Terpadu Satu Pintu (PMPTSP) Pasangkayu, Iyoman Suandi mewakili bupati dihalaman kantor Puskesmas II Pasangkayu di Kelurahan Martajaya, Kabupaten Pasangkayu, Sulawesi Barat (Sulbar), Senin (9/12/2019).

Kedatangan tim tersebut dalam rangka survei re-akreditasi Puskesmas Pasangkayu II. Ketiga Tim Surveyor Kemenkes RI yakni Raden Mulyati, Trianto S Bialangi dan Reuni Anasiru akan melakukan survei selama dua atau tiga hari di Pasangkayu.

Dalam sambutan Iyoman Suandi mengatakan, Tim Surveyor akreditasi ini datang melihat langsung standar dan kualitas pelayanan puskesmas.

“Ini menjadi salah satu jalan menuju perubahan kualitas pelayanan kesehatan puskesmas kearah yang lebih baik kepada masyarakat,” kata I Nyoman.

Menurutnya, akreditasi Puskesmas sendiri merupakan pengakuan terhadap hasil dari proses penilaian eksternal oleh komisioner akreditasi terhadap puskesmas bersangkutan.

“Status akreditasi dipengaruhi ketersediaan dan kelengkapan perbekalan kesehatan, sarana dan prasarana yang mendukung pelayanan kesehatan di puskesmas. Dalam masa surveyor saat ini, saya mewakili pemerintah daerah akan siap menerima masukan dan saran dari tim surveyor dari Kemenkes,” tutur I Nyoman.

Mewakili Tim Surveyor, Raden Mulyati mengungkapkan, surveyor ini merupakan sebagai langkah positif untuk mempercepat perubahan mutu pelayanan kesehatan di puskesmas menjadi lebih baik sesuai kebutuhan semua pihak.

“Kami ucapkan terimakasih kepada Pemda terkhusus pada Dinas Kesehatan dan lebih khusus Pimpinan Puskesmas, tenaga medis dan staf yang telah mempersiapkan dan melakukan perubahan dalam pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Akreditasi hanya bisa terwujud bila ada kesatuan hati, kesadaran penuh, kerjasama dan sinergi yang baik dengan semua lintas program dan lintas sektor terkait untuk tujuan yang sama,” ungkapnya. (Ndi)

Trans89.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya