SMP Astra Group Wakili Sulbar di Ajang Olimpiade Penelitian Siswa Nasional

05 December 2019 16:31
SMP Astra Group Wakili Sulbar di Ajang Olimpiade Penelitian Siswa Nasional
Bella sebagai ketua kelompok KIR SMP AMJ mewakili anggotanya mempresentasikan hasil karya ilmiah OPSI tahun 2019 dilaksanakan dari tanggal 26 November hingga 30 November 2019 di El Royale Kelapa Gading, Jakarta. (Dwi Dara Septi Putriani/Trans89.com)

PASANGKAYU, TRANS89.COM – Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia (OPSI) tingkat SMP adalah ajang kompetisi karya ilmiah yang berbasis kegiatan penelitian siswa SMP/MTs dilaksanakan secara nasional.

Sebelumnya, kegiatan ini bernama Lomba Penelitian Ilmiah Remaja (LPER), Lomba Penelitian Ilmiah Pelajar (LPIP) dan Lomba Penelitian Siswa Nasional (LPSN) dengan ruang lingkup karya ilmiah pada kompetisi OPSI 2018 yang pertama bidang ilmu pengetahuan sosial (IPS), kemanusiaan, dan seni. Kedua, bidang ilmu pengetahuan alam (IPA) dan lingkungan. Ketiga, bidang ilmu pengetahuan teknik dan rekayasa.

Pada tahun ini, kelompok Karya Ilmiah Remaja (KIR) SMP Astra Makmur Jaya (AMJ) yang merupakan sekolah binaan PT Letawa anak perusahaan PT Astra Agro Lestari (AAL) Tbk Group Area Celebes 1 (C1) lolos dalam dua bidang penelitian yaitu karya ilmiah dalam bidang IPS, kemanusiaan, dan seni dan bidang ilmu pengetahuan teknik dan rekayasa.

Kelompok KIR IPS yang di ketuai Janzen Hendrikven dan anggota Desy Lempan dan Nesha, kelumpok KIR Teknologi yang diketuai Bella Viska dan beranggotakan Dian Oktavia dan Nurashikin.

Sebanyak 875 naskah dari seluruh sekolah di Indonesia dipilih masing-masing 34 naskah dari setiap bidang. Terpilih dua naskah KIR SMP AMJ untuk maju ke tingkat nasional.

Janzen dan Bella sebagai ketua kelompok KIR SMP AMJ mewakili anggotanya untuk mempresentasikan hasil karya ilmiah OPSI tahun 2019 dilaksanakan dari tanggal 26 November hingga 30 November 2019 di El Royale Kelapa Gading, Jakarta.

Guru Pendamping KIR SMP AMJ, Dwi Dara Septi Putriani mengatakan, dalam rangkaian acara diikuti Janzen dan Bella, kami ikut mendampinginya.

“Tahun ini kegiatan OPSI dilaksanakan sedikit berbeda dengan tahun sebelumnya, dimana peserta mempresentasikan hasil karyanya di ruang terbuka untuk umum, begitu juga terdapat penilaian pameran yang dilaksanakan selama 3 hari berturut-turut,” kata Dwi di Pasangkayu, Kamis (5/12/2019).

Menurut Dwi, di hari pertama, semua peserta melakukan registrasi dan pembukaan acara, lalu esoknya sampai hari ketiga peserta memamerkan hasil karyanya dan juga mempresentasikan dan hari terakhir ditutup dengan wisata edukasi yang diikuti semua peserta dan pendamping ke Ancol tepatnya Dunia Fantasi.

“Dari tahun ke tahun, sekolah Astra Group selalu mengirimkan naskah untuk mengukuti ajang bergengsi ini. Pada tahun ini, KIR SMP AMJ adalah satu-satunya sekolah yang berhasil lolos ke tahap nasional mewakili Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar),” tuturnya. (Pilo/Nis)

Trans89.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya