Tingkatkan Fungsi Pemerintahan Desa, Bagian Hukum dan HAM Setda Pasangkayu Sosialisasi Tata Cara Penyusunan Perdes

04 December 2019 20:02
Tingkatkan Fungsi Pemerintahan Desa, Bagian Hukum dan HAM Setda Pasangkayu Sosialisasi Tata Cara Penyusunan Perdes
Bagian Hukum dan HAM Setda Kebupaten Pasangkayu menggelar sosialisasi peraturan perundang-undangan tentang tata cara penyusunan Perdes diikuti 59 desa se-Kabupaten Pasangkayu, berlangsung di Aula Hotel Trisakti, Jalan Fatmawati, Kabupaten Pasangkayu, Sulbar, selama dua hari, Rabu dan Kamis, 4 dan 5 Desember 2019. (Andis/Trans89.com)
.

PASANGKAYU, TRANS89.COM – Bagian Hukum dan HAM Sekretariat Daerah (Setda) Kebupaten Pasangkayu menggelar sosialisasi peraturan perundang-undangan tentang tata cara penyusunan peraturan desa (Perdes) yang diikuti 59 desa se-Kabupaten Pasangkayu.

Adapun nama pemateri dikegiatan sosialisasi tata cara tentang Perdes yakni, Pejabat Fungsional Perancang Peraturan Perundang-Undangan Kantor Wilayah (Kanwil) Kementeriam Hukum dan HAM (Kemenkumham) Sulbar Munawir dan Victor Oliver.

Mewakili bupati, sosialisasi yang dibuka Staf Ahli Bidang Perekonomian, Keuangan dan Pembangunan Kabupaten Pasangkayu, Ilham didampingi Kepala Bagian (Kabag) Hukum dan HAM Setda Kabupaten Pasangkayu Muliady, berlangsung di Aula Hotel Trisakti, Jalan Fatmawati, Kabupaten Pasangkayu, Sulawesi Barat (Sulbar), selama dua hari, Rabu dan Kamis, 4 dan 5 Desember 2019.

Dalam sambutannya Ilham mengatakan, sosialisasi ini bertujuan meningkatkan kualitas dan kemampuan para penyelnggara pemerintah desa dalam melaksanakan penyelenggaraan pemerintahan di desa.

“Dengan begitu, kepada para peserta untuk bisa menyimak dengan seksama apa yang akan dituangkan dalam setiap materi sosialisasi perundang-undangan tentang tata cara penyusunan Perdes nantinya,” kata Ilham.

Menurutnya, hal ini agar dapat keseragaman dalam penyusunan peraturan di desa berdasarkan cara, metode yang pasti baku dan standar sesuai perundang-undangan.

“Sehingga tersebut tidak bertentangan dengan peraturan perundang-undangan yang lebih tinggi,” tutur Ilham.

Pada kesempatan yang sama, Kabag Hukum dan HAM Setda Kabupaten Pasangkayu Muliady menjelaskan, adapun tujuan dan maksud sosialisasi ini adalah sebagai wadah pengembangan wawasan, pengetahuan dan keahlian dalam upaya peningkatan peran serta fungsi pemerintahan desa, terutama Kepala Desa (Kades) dan BPD dalam penyusunan Perdes.

“Kita berharap, semua materi-materi dalam sosialisasi ini akan kita dijadikan penuntun bagi perangkat desa dalam menyusun Perdesn. Adapun materi-materi tentunya mengambil referensi dari peraturan perundang-undangan yang terkait dengan Perdes,” sebut Muliady. (Adv)

Trans89.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya