SD Binaan PT Pasangkayu Raih Dua Predikat Juara Sekolah Bersih

04 December 2019 21:26
SD Binaan PT Pasangkayu Raih Dua Predikat Juara Sekolah Bersih
SD binaan PT Pasangkayu merupakan anak perusahaan perkebunan kelapa sawit PT AAL Tbk Group Areal C1 mendapatkan dua predikat juara dalam sebulan dimana sekolah ini terletak di area perusahaan PT Pasangkayu di Desa Gunung Sari, Kabupaten Pasangkayu, Sulbar. (Muhammad Tahir Pilo/Trans89.com)
.

PASANGKAYU-TRANS89.COM – SD binaan PT Pasangkayu merupakan anak perusahaan perkebunan kelapa sawit PT Astra Agro Lestari (AAL) Tbk Group Areal Celebes 1 (C1) mendapatkan dua predikat juara dalam sebulan dimana sekolah ini terletak di area perusahaan PT Pasangkayu di Desa Gunung Sari, Kabupaten Pasangkayu, Sulawesi Barat (Sulbar).

Predikat yang diraih SD Binaan PT Pasangkayu tersebut adalah Bintang Kantin Sehat dan Juara Sekolah Bersih Tingkat Kabipaten Pasangkayu.

Bulan November lalu merupakan bulan bahagia untuk warga SD PT Pasangkayu. Hal ini terjadi karena SD PT Pasangkayu merayakan hari jadinya yang ke-13 yang diperingati setiap tanggal 26 November mendapatkan dua penghargaan sekaligus di bulan yang sama.

Pertama, SD PT Pasangkayu mendapat predikat Piagam Bintang Keamanan Pangan Untuk Kantin Sekolah dengan menerima penghargaan di Mamuju pada tanggal 21 November 2019 diserahkan Badan Pengawas Obat-obatan dan Makanan (BPOM) Sulbar. Kedua, mendapat predikat sebagai salah satu sekolah bersih se-Kabupaten Pasangkayu tingkat SD, penghargaannya diberikan pada saat peringatan hari PGRI dan HGN pada tanggal 25 November 2019.

Dua penghargaan ini bukanlah penghargaan yang diberikan begitu saja, kedua penghargaan ini merupakan hasil kerja sama tim SD PT Pasangkayu yang dipimpin Kepala Sekolah (Kepsek) SD PT Pasangkayu, Ahmad yang selalu peduli pada peningkatan kualitas pendidikan di lingkungan perkebunan sawit PT Pasangkayu.

Ahmad mengatakan, kedua penghargaan ini dilakukan melalui proses penilaian yang panjang dan ketat ilakukan kedua instansi pemerintah ini, dalam hal ini BPOM dan Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga, Kabupaten Pasangkayu.

“Penilaian untuk lomba kantin sehat sudah dilaksanakan dari bulan September 2019, yang dilakukan melalui kunjungan-kunjungan observasi dan pengambilan sampel makanan di kantin SD PT Pasangkayu, dilanjutkan pada bulan Oktober, dimana satu orang guru dan petugas kantin sekolah mendapat penyuluhan tentang kantin dan makanan sehat dari BPOM Sulbar di Mamuju. Pas penilaian akhir yang dilakukan pada 4 November 2019, Tim BPOM Sulbar melakukan kunjungan kembali ke SD PT Pasangkayu,” kata Ahmad.

Menurutnya, hasil dari penilaian BPOM Sulbar, akhirnya kami di SD PT Pasangkayu mendapat penghargaan berupa sertifikat Piagam Bintang Keamanan Pangan Untuk Kantin Sekolah (PBKP-KS) dari BPOM Provinsi Sulbar. Sedangkan untuk penilaian program sekolah bersih penilaian dilakukan oleh Pengawas Pendidikan dari Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Pasangkayu melalui dua kali kunjungan pada bulan November 2019.

“Akhirnya SD PT Pasangkayu terpilih menjadi salah satu sekolah yang mendapat predikat sekolah bersih se-Kabupaten Pasangkayu,” tutur Ahmad diruang kerjanya, Rabu (4/12/2019).

Ia menjelaskan, tujuan sekolah kami ikut kegiatan lomba ini adalah semata-mata bukan hanya untuk menjadi juara atau meraih predikat tertentu, tapi kami berharap anak-anak menjadi lebih termotivasi untuk membiasakan hidup bersih dan sehat.

“Hal ini kami lakukan untuk pembiasaan seluruh siswa utamanya dan seluruh warga sekolah pada umumnya. Event seperti ini harus terus diselenggrakan secara berkesinambungan oleh instansi-insatnsi terkait, supaya sekolah-sekolah termotivasi untuk mengikutinya, sehingga tujuan utamanya untuk menciptakan pembiasaan hidup bersih dan sehat di Pasangkayu akan mudah dicapai,” imbuh Ahmad. (Pilo/Nis)

Trans89.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya