FKUB Pasangkayu Gelar Dialog, Kapoles Matra Tekankan Jaga Kerukunan Umat Beragama

01 December 2019 21:21
FKUB Pasangkayu Gelar Dialog, Kapoles Matra Tekankan Jaga Kerukunan Umat Beragama
FKUB Kabupaten Pasangkayu menggelar dialog kerukunan antar umat beragama, berlangsung di aula kantor Camat Bulutaba, Kabupaten Pasangkayu, Sulbar. (Humas Polres Matra)

PASANGKAYU, TRANS89.COM – Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Pasangkayu kembali menggelar dialog kerukunan antar umat beragama.

Dialog yang dihadiri lansung Ketua FKUB Pasangkayu Jabaruddin Roar, Kapolres Mamuju Utara (Matra) yang diwakili Kapolsek Baras AKP Rigan Hadi Nagara, Kepala Kemenag Pasangkayu yang diwakili H Nurdin, Camat Baras Abd Aziz, Danposramil Bulutaba Pelda Marthen Lobo yang dihadiri sekitar 60 tamu undangan, berlangsung di aula kantor Camat Bulutaba, Kabupaten Pasangkayu, Sulawesi Barat (Sulbar), Sabtu (30/11/2019).

Dalam sambutannya, Jabaruddin mengatakan bahwa dialog ini merupakan salah satu pendekatan dalam strategi muntuk mensinergikan semua kekuatan elemen masyarakat dalam upaya memenuhi dan terus mewariskan kualitas keberagaman yang lebih baik.

“Jadi, dialog ini sangat baik mengantisipasi konflik secara horizontal yang berada ditengah-tengah kita yakni masyarakat,” katanya.

Jabaruddin mengakui, dengan adanya dialog seperti ini akan memberikan ruang untuk saling berbagi pengetahuan dan pengalaman dengan panduan narasumber atau pemateri untuk menemukan cara bersama dan bekerjasama dalam tekad untuk melipatgandakan nilai positif.

“Adanya teknologi komunikasi itu dapat kita manfaatkan sebesar-besarnya bagi keselamatan umat manusia dan alam semesta,” ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, Kapolres Matra diwakili Kapolsek Baras, AKP Rigan dalam penekanannya untuk menjaga kerukunan umat beragama yang selama ini sudah baik dan ditingkatkan lagi, kalau perlu dilakukan dengan menjaga dimulai intern agama itu sendiri, antar agama satu dengan agama lain, dan antar agama dengan pemerintah.

“Kerukunan umat beragama bisa terpelihara dengan baik dengan cara merubah mainseat (pola pikir), salah satunya yaitu tidak melalui logika namun dengan hati,” urai AKP Rigan.

Menurutnya, kerukunan umat beragama di wilayah kecamatan Bulutaba sudah sangat terjalin dengan baik, namun dipandang perlu untuk dipertahankan dan ditingkatkan, salah satunya dengan ikut andil menjaga kegiatan keagamaan.

“Contohnya, bila agama Islam merayakan hari besar keagamaan, maka agama-agama lain melibatkan diri dengan menjaga giat yang dimaksud dengan cara menurunkan tokoh adat dan tokoh pemuda begitu pula sebaliknya,” demikian AKP Rigan. (Ndi)

Trans89.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya