Kodim 0725/Sragen Tour Pancasila Dalam Rangka Penguatan Idiologi Bangsa

22 November 2019 00:13
Kodim 0725/Sragen Tour Pancasila Dalam Rangka Penguatan Idiologi Bangsa
Tour Pancasila dalam rangka penguatan idiologi bangsa dan memperkokoh semangat kebangsaan di Bumi Sukowati dipimpin Dandim 0725/Sragen, Letkol Kav Luluk Setyanto diikuti 25 orang peserta, berlangsung di wilayah Kabupaten Sragen, Jateng. (Arief Faisal/Trans89.com)

SRAGEN, TRANS89.COM – Tour Pancasila dalam rangka penguatan idiologi bangsa dan memperkokoh semangat kebangsaan di Bumi Sukowati dipimpin Dandim 0725/Sragen, Letkol Kav Luluk Setyanto diikuti 25 orang peserta, berlangsung di wilayah Kabupaten Sragen, Jawa Tengah (Jateng), Kamis (21/11/2019).

Adapun dalam rombongan Kodim 0725/Sragen, Kapten Inf Warisman, Kapten Inf Agus Suprapto, Kapten Cba Sugiyono, Kapten Arh Yah In Man, Kapten Kav Edi Wahono, Kapten Inf Prihatin Yudo, Anggota Kodim 0725/Sragen.

Penyampaian Dandim 0725/Sragen, Letkol Kav Luluk Setyanto mengatakan, Kodim 0725/Sragen sedang melaksanakan tour Pancasila dalam rangka menguatkan ideologi bangsa dan memperkokoh rasa kebangsaan di bumi Sukowati.

“Ajakan kepada elemen aparat pemerintahan, tokoh masyarakat, tokoh agama untuk ikut mensosialisasikan terkait melestarikan, menghayati dan mengamalkan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila,” kata Letkol Luluk.

Menurutnya, pada akhir-akhir ini munculnya paham-paham seperti radikalisme, terorisme. Arti dari isme yaitu ajaran dengan sasaran pada pola pikir.

“Oleh karena itu, membentengi pola pikir yang jahat untuk berubah ke pola pikir yang sehat harus mengetahui Pancasila, karena didalam Pancasila tersebut adanya nilai-nilai yang dapat membentuk aklhak yang baik dan berbudi pekerti yang luhur, Pancasila hanya dimiliki oleh Bangsa lndonesia, termasuk bangsa-bangsa lain juga sudah mengetahui dan mengakui terkait Pancasila tersebut,” tutur Letkol Luluk.

Ia menjelaskan, generasi sekarang atau generasi milenial sudah tidak lagi mendapatkan pengetahuan tentang Pedoman Penghayatan dan Pengamalan Pancasila (P4). Cara yang tepat untuk memberikan pengetahuan kepada generasi milenial dengan cara mensosialisasikan dan mengenalkan terkait ideologi Pancasila dan tidak perlu menghapal butir-butir dari Pancasila tetapi harus tahu maksud dari ke 5 sila tersebut.

“Dengan nilai-nilai Pancasila yang ditanamkan dalam diri kita dapat membentuk aklhak yang baik dan budi pekerti yang luhur serta untuk membentengi diri kita dari paham radikalisme, kelompok teroris dan bahaya narkoba, karena idiologi Pancasila sebagai idiologi bangsa Indonesia,” jelas Letkol Luluk. (Arief/Nis)

Trans89.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya