APM Desa Ilangata Unjuk Rasa di Kantor Bupati Gorut, Minta Berhentikan Kades

15 November 2019 00:45
APM Desa Ilangata Unjuk Rasa di Kantor Bupati Gorut, Minta Berhentikan Kades
Aksi Aliansi Peduli Masyarakat (APM) Desa Ilangata, Kecamatan Anggrek, Kabupaten Gorut di kantor Bupati Gorut, Gorontalo. (Rian Cakra/Trans89.com)

GORONTALO UTARA, TRANS89.COM – Unjuk rasa Aliansi Peduli Masyarakat (APM) Desa Ilangata, Kecamatan Anggrek, Kabupaten Gorontalo Utara (Gorut) diikuti sekitar 50 orang peserta aksi dipimpin Kardiat Usulu di kantor Bupati Gorut, Gorontalo, Kamis (14/11/2019).

Orasi Kardiat Usulu mengatakan, Bupati Gorontalo Utara harus bertanggung jawab kepada Kepala Desa (Kades) Ilangata, kami masyarakat Desa Ilangata minta turunkan dan copot jabatan Sumardjin Moohulao Onal sebagai Kades Ilangata.

“Masyarakat Desa Ilangata minta kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gorontalo Utara menghentikan seluruh aktivitas Kades Ilangata, Sumardjin Moohulao,” kata Kardiat.

Menurutnya, kami masyarakat Desa Ilangata minta kepada Pemkab Gorontalo Utara untuk mencopot Kades Ilangata karena dinilai tidak ada kepedulian terhadap masyarakat Ilangata.

“Kades Ilangata masih ada unsur pilih kasih terhadap masyarakat Ilangata, sehingga kami masyarakat Ilangata minta kepada Pemerintah Daerah (Pemda) Gorut bertanggungjawab dan di tindaklanjuti kasus tersebut,” tutur Kardiat.

Ia menyebutkan, Kades Ilangata sudah melanggar norma-norma kehidupan dan kode etik masyarakat Desa Ilangata dan harus di berhentikan secara paksa.

“Masyarakat Desa Ilangata mendesak Bupati untuk segera menyelesaikan dan menuntaskan masaalah ini,” sebut Kardiat.

Massa aksi di terima Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Gorut, Abdul Wahab Paudi menyampaikan kalau dirinya akan memberikan arahan kepada Kades ILangata, apabila arahan itu tidak di indahkan, maka semua akan kasih kartu merah atau di berhentikan dari Kades.

“Kami atas nama Pemda Kabupaten Gorut harus menimbang dan menindak lanjuti aspirasi masyarakat Desa Ilangata. Aspirasi dari masyarakat akan di sampaikan kepada Bupati dan mempertimbangkan untuk pemberian sanksi apabila apa yang di sampaikan benar adanya,” janji Wahab. (Rian/Nis)

Trans89.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya