Pemkab Mamuju Peringati Hari Pahlawan, Irwan: Implementasikan Nilai-Nilai Kepahlawanan Dalam Bentuk Karya Nyata

10 November 2019 13:45
Pemkab Mamuju Peringati Hari Pahlawan, Irwan: Implementasikan Nilai-Nilai Kepahlawanan Dalam Bentuk Karya Nyata
Wabup Mamuju bertindak selaku Irup peringatan hari pahlawan di Lapangan Ahmad Kirang Kabupaten Mamuju, Sulbar. (Humas Pemkab Mamuju)

MAMUJU, TRANS89.COM – Peringatan hari pahlawan ke 74 tahun 2019, Pemerintah Republik Indonesia (RI) mengusung tema, ‘aku pahlawan masa kini’.

Pada momentum hari bersejarah ini, Pemerintah Kabupaten Mamuju, menggelar Upacara yang berlangsung di Lapangan Ahmad Kirang Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat (Sulbar), Minggu (10/11/2019).

Memaknai momentum peringatan hari bersejarah tersebut, Wakil Bupati (Wabup) Mamuju Irwan SP Pababari memimpin upacara sekaligus meminta masyarakat Mamuju mengimplementasikan nilai-nilai kepahlawanan dalam bentuk karya nyata.

“Esensi dari pahlawan masa kini yakni bagaimana setiap warga negara Indonesia harus menjadikan dirinya sebagai pahlawan dengan memberi manfaat bagi orang banyak,” kata Irwan melalui siaran pers Humas Pemkab Mamju.

Menurutnya, jangan hanya momen seperti ini, tapi bagaimana kita tanamkan nilai kepahlawanan itu kita implementasikan, kita wujudkan dalam bentuk karya, kerja, membantu sesama, berbuat untuk bangsa.

“Kalau belum bisa berbuat untuk bangsa, ya, mulailah dari hal-hal yang kecil yang semakin lama bisa jadi besar, Insya Allah kita bisa tumbuh menjadi pahlawan,” tutur Irwan.

Wabup Mamuju yang bertindak sebagai inspektur upacara membacakan sambutan seragam dari Mentri Sosial (Mensos) RI, Juliari P Batubara.

Dalam pesannya, disampaikan Irwan, menjadi pahlawan masa kini dapat dilakukan oleh siapapun dengan aksi nyata memperkuat keutuhan NKRI.

“Seperti menolong sesama yang terkena musibah, tidak melakukan porovokasi yang dapat mengangu ketertiban umum, tidak menyebar berita hoax, tidak melakukan perbuatan anarkis, tidak merugikan orang lain dan sebagainya,” papar Irwan.

Ditempat yang sama, Wakil Ketua Veteran Kabupaten Mamuju Hasim Sum menjelaskan, anak muda sekarang mesti meneladani kegigihan dan perjuangan para pahlawan. Ia meggambarkan kegigihan pahlawan, Mengenang bagaimana Perjuangan pahlawan tanggal 10 november 1945, di Surabaya, bagaimana kejamnya penjajah yang akan merebut kembali kemerdekaan yang sudah diproklamasikan pada 17 agustus, kemudian akan direbut kembali oleh Indoensia.

“Itulah yang harus kita teladani pada saat ini, sesuai tema bahwa aku adalah pahlawan masa kini. Kita sekarang mengisi kemerdekaan berarti kita adalah pahlawan. Tanpa kita semua mengisi ini, tentunya kemerdekaan tidak akan ada apa-apanya. Jadi generasi muda bagaimana caranya mengisi kemerdekaan, membantu pemerintah terutama di Kabupaten Mamuju supaya disini tidak ada lagi masyarakat yang mungkin berteriak kelaparan dan lain sebagainya jelas Hasim.

Usai upacara bendera, jajaran Pemkab Mamuju bersama legiun Veteran melakukan ziarahke Taman Makam Pahlawan (TMP) Desa Pati’di, Kabupaten Mamuju. (Nis)

Trans89.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya