PC IMM Kediri Gelar Sarasehan dan Diskusi Kepahlawanan

10 November 2019 02:55
PC IMM Kediri Gelar Sarasehan dan Diskusi Kepahlawanan
Sarasehan dan diskusi kepahlawanan digelar Pimpinan Cabang Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (PC IMM) di Hutan Joyoboyo, Jalan Ahmad Yani, Kota Kediri, Jatim. (Aditya/Trans89.com)

KEDIRI, TRANS89.COM – Sarasehan dan diskusi kepahlawanan oleh Pimpinan Cabang Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (PC IMM) Kediri dengan tema, ‘menyambut Hari Pahlawan dengan generasi anti hoax dan radikal’, diikuti sekitar 50 orang peserta dan penanggungjawab Ketua PC IMM Kediri Rahmad Fedriyanto di Hutan Joyoboyo, Jalan Ahmad Yani, Kota Kediri, Jawa Timur (Jatim), Jumat (8/11/2019).

Sambutan Kapolres Kediri Kota, AKBP Miko Indrayana mengatakan, setelah ini kami tidak bisa sebagai nara sumber dikarenakan harus memimpin rapat di Polres.

“Kegiatan ini sangat baik dan perlu dicontoh oleh generasi muda yang lain,” kata AKBP Miko.

Selanjutnya sambutan Kasdim 0809/Kediri, Mayor Czi Gatot Palwo Edi emnuturkan, isu provokatif yang diterima bisa menjadi ancaman bagi bangsa, bentengi diri dengan bijak pada saat menggunakan media sosial (medsos) dan menyebarkan informasi yang diterima.

“Membangun ketahanan individu sebagai dasar ketahanan nasional dan potensi di Indonesia sangat besar yang harus digali sebagai sumber daya dengan keberagaman yang ada menjadikan modal utama,” tutur Mayor Gatot.

Selanjutnya diskusi bersama dengan narasumber Ketua Umum (Ketum) LSM Indonesia Justice Soecity (IJS), Moh Mahbubah menyampaikan refleksi kepahlawanan sebagai wujud nasionalisme. Hoax didasari kesepakatan materi yang disampaikan dengan latar belakang kebencian, sehingga merasa sependapat langsung disebarkan tanpa melihat sumber informasi.

“Radikal tidak ada hubungan dengan Islam, itu hanya oknum dan mempunyai pandangan yang monotafsir bukan multitafsir. Pluralisme atau keberagaman yang di Indonesia telah diatur oleh Pancasila sebagai dasar negara, dan aturan yang ada di Indonesia sudah mengatur segala sendi kehidupan dengan baik. Baik perdata maupun pidana,” papar Mahbubah.

Kemudian sesi tanya jawab terkait hoax dan radikalisme, pembacaan puisi, treatrikal dan orasi dengan tema kepahlawanan. (Aditya/Nis)

Trans89.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya