Satlantas Polres Matra Sosialisasi UU 22 Tahun 2009 di Smansa Bulutaba

09 November 2019 00:52
Satlantas Polres Matra Sosialisasi UU 22 Tahun 2009 di Smansa Bulutaba
Sosialisasi dihadiri langsung Kasat Lantas Polres Matra Iptu Muhanmad Nur di kemas dalam Satlantas go to school (pergi ke sekolah), berlangsung di Aula SMAN 1 Bulutaba, Kabupaten Pasangkayu, Sulbar. (Humas Polres Matra)

PASANGKAYU, TRANS89.COM – Untuk mewujudkan keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran berlalulintas dan angkutan jalan terkhusus di kalangan remaja, Satuan Lalulintas (Satlantas Polres Mamuju Utara (Matra) menggelar sosialisasi Undang-undang (UU) Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalulintas Angkutan Jalan (LLAJ) dan himbauan Kamseltibcarlantas.

Sosialisasi yang dilaksanakan di salah satu SMA yang dihadiri langsung Kasat Lantas Polres Matra Iptu Muhanmad Nur di kemas dalam Satlantas go to school (pergi ke sekolah), berlangsung di Aula SMAN 1 Bulutaba, Kabupaten Pasangkayu, Sulawesi Barat (Sulbar), Jumat (8/11/2019).

Dalam sosialisasi tersebut, Iptu Muhammad Nur menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan tidak lain untuk meningkatkan kesadaran masyarakat khususnya pelajar dalam mematuhi tata tertib berlalulintas dengan mengetahui dan memahaminya sejak dini, guna mewujudkan keamanan dan keselamatan berlalulintas di wilayah Kabupaten Pasangkayu.

“Pada intinya, UU Nomor 22 tahun 2009 tentang berlalulintas, anak dibawah umur 17 tahun dilarang mengemudikan kendaraan bermotor,” papar Iptu Nur.

Ia mengajak kepada para pelajar agar membudayakan transportasi sehat masyarakat (TSM) dengan berjalan kaki atau bersepeda ke sekolah, dan bagi anak yang diatas 17 tahun apabila berkendaraan seperti roda dua wajib menggunakan helm baik pengemudi maupun boncengan sepeda motor.

“Ada 12 gerakan pengaturan lalulintas sesuai Perkap 10 Tahun 2012 tentang pengaturan Lalulintas dalam keadaan tertentu dan penggunaan jalan selain untuk kepentingan lalulintas,” ujar Iptu Nur.

Diakhir sosialisasi, Iptu Nur menyebutkan, giat ini juga merupakan program inovasi bapak Kapolres Matra AKBP Leo H Siagian untuk melaksanakan pembinaan tertib berlalulintas kepada pelajar dan mengajak para pelajar SMA untuk menjadi pelopor keselamatan berlalulintas.

“Mari kita yang jadi pelopor keselamatan berlalulintas di daerah sendiri, khususnya di Kecamatan Bulutaba ini. Kita bersama tahu bahwa keselamatan itu lebih berharga,” demikian Iptu Nur. (Ndi)

Trans89.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya