TNI AL Gelar Penutupan Karya Bakti Bedah RTLH di Desa Bambu Mamuju

08 November 2019 01:20
TNI AL Gelar Penutupan Karya Bakti Bedah RTLH di Desa Bambu Mamuju
Peresmian bedah RTLH di karya bakti Lanal Mamuju tahun 2019, berlangsung di lapangan upacara SDN Bone-Bone, Desa Bambu, Kabupaten Mamuju, Sulbar. (Bagus/Trans89.com)

MAMUJU, TRANS89.COM – Upacara penutupan karya bakti bedah rumah tidak layak huni (RTLH) Lanal Mamuju tahun 2019 dan bertindak selaku Inspektur Upacara (Irup) Pabandya Opsbak Ban V Bhakti TNI Angkatan Laut (AL) Tim Wasev Spotmar Mabes AL, Letkol Laut (P) Arif Hardiyanto dan selaku Komandan Upacara (Danup) Pasi Ops Lanal Mamuju Kapten Laut (P) Sulihin, berlangsung di lapangan upacara SDN Bone-Bone, Desa Bambu, Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat (Sulbar), Kamis (7/11/2019).

Peserta upacara, 1 SST Kodim 1418/Mamuju, 1 SST Lanal Mamuju, 1 SSR Polda Mamuju, 1 SST Satpol PP Sulbar, 1 regu perwakilan masyarakat Desa Bambu.

Amanat Letkol Laut (P) Arif Hardiyanto mengatakan kegiatan yang kita selenggarakan pada hari ini hingga beberapa minggu lalu, pada dasarnya merupakan implementasi nyata dari upaya TNI AL untuk mewujudkan dua hal.

“Pertama terpeliharanya hubungan kerjasama yang harmonis antara TNI AL dan masyarakat sebagai satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan, utamanya di dalam memikul tanggungjawab bersama mengisi kemerdekaan. Kedua, meningkatkan kepedulian dan kesetiakawanan nasional melalui peningkatan peran TNI AL bersama segenap komponen masyarakat dalam dinamisasikan pembangunan daerah, dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat di daerah pesisir yang nantinya terwujud suatu ketahanan masyarakat dari berbagai tantangan ke depan,” kata Letkol Arif.

Menurutnya, sebagaimana kita ketahui bersama, Undang-Undang (UU) RI Nomor 34 Tahun 2004 pada pasal 7 ayat 2 mengenai tugas pokok TNI dalam operasi militer, selain perang salah satu implementasinya adalah operasi kemanusiaan yang dapat diwujudkan dalam bentuk kegiatan karya bakti TNI, dimana pada pelaksanaannya dapat melibatkan berbagai elemen lainnya serta masyarakat khususnya yang berada di sekitar lokasi pelaksanaan kegiatan karya bakti TNI tersebut.

“Lanal Mamuju sebagai bagian dari TNI AL di wilayah kerja yang cukup luas di Provinsi Sulbar berusaha membantu pemerintah daerah setempat guna meningkatkan taraf hidup masyarakat dengan melaksanakan kegiatan bidang Potmar yang mencakup Bintahwil karya bakti dan komunikasi sosial (komsos) TNI AL tahun 2019 agar dapat menyentuh langsung kepada masyarakat,” tutur Letkol Arif.

Ia menjelaskan, dengan berpedoman hal tersebut, Lanal Mamuju telah melaksanakan karya bakti bedah rumah di wilayah kerja Lanal Mamuju dengan sasaran fisik yaitu perbaikan RTLH di Desa Bambu dengan harapan terjalin serta terpeliharanya Kemanunggalan TNI AL dan masyarakat dalam rangka membangun kesadaran terhadap bela negara dan cinta tanah air.

“Kepada para pimpinan wilayah, tokoh agama, masyarakat dan pemuda serta masyarakat khususnya di Desa Bambu, kiranya kami ucapkan terimakasih atas dukungan kegiatan yang dilaksanakan oleh satuan tugas (Satgas) karya bakti TNI tahun anggaran 2019 kepada seluruh anggota Satgas, saya perintahkan untuk tetap terciptanya suasana kemitraan dan kekeluargaan di semua aspek kegiatan ini melaksanakan tugas saudara sebaik-baiknya untuk kepentingan masyarakat,” jelas Lektol Arif. (Bagus/Nis)

Trans89.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya